oleh

3 Desa di Pamekasan Tak Cairkan DD

PortalMadura.Com, Pamekasan – Memasuki awal September 2018, sedikitnya tiga desa di Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur belum melakukan pencairan dana desa (DD).

Ketiga desa tersebut, yakni Desa Sopa’ah, Desa Baddurih, dan Desa Buddih. “Tiga desa yang kami sebutkan itu agak molor. Seharusnya DD tahap pertama dan kedua sudah cair semua,” terang Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan, Taufikurrahman, Jumat (7/9/2018).

Loading...

Dari tiga desa tersebut, Desa Sopa’ah justru satu-satunya desa yang belum mencairkan DD sama sekali. Sedangkan Desa Baddurih dan Desa Buddih hanya mencairkan DD tahap pertama.

Ia menjelaskan, pencairan DD di Pamekasan terbagi dalam tiga tahap. Pertama, sebesar 30 persen dan 40 persennya dapat dicairkan pada tahap kedua. Sisanya, bisa dicairkan di tahap ketiga.

Mekanismenya, masing-masing desa harus menyetorkan laporan pertanggung jawaban pencairan DD sebelumnya. “Kalau sudah menyetorkan realisasi DD sebelumnya, maka DD bisa langsung dicairkan,” katanya.

Pihaknya berharap, pemerintahan desa dapat mencairkan DD tepat waktu. “Kami masih menunggu desa yang belum mencairkan DD, karena kami akan mengajukan tahap ke ketiga ke pusat,” pungkasnya.(Hasibuddin/Nurul)