oleh

3 Fakta Menarik Wisata Religi Masjid Cheng Ho Surabaya

PortalMadura.Com – Masjid Cheng Ho Surabaya adalah Masjid bernuansa Muslim Tionghoa yang berlokasi di Jalan Gading, Ketabang, Genteng, Surabaya. Sebagaiman arsitektur Tionghoa, bangunan ini di dominasi warna merah hijau, dan kuning. Ornamennya kental nuansa Tiongkok lama. Pintu masuknya menyerupai bentuk pagoda, terdapat juga relief naga dan patung singa dari lilin dengan lafaz Allah dalam huruf Arab di puncak pagoda.

Keberadaan Masjid bergaya khas oriental negeri Tirai Bambu China ini membuktikan bahwa budaya Tiongkok sudah ada sejak dulu di tanah Nusantara ini. Masjid ini dibangun sebagai bentuk penghormatan pada Laksamana Cheng Ho, seorang laksamana China yang menyebarkan agama Islam melalui jalur perdagangan. Dilansir dari travel.detik.com yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (25/4/2021) inilah fakta menarik Masjid Cheng Ho Surabaya:

Nama Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho termasuk pada masjid pertama di Indonesia yang mengguinakan nama Muslim Tionghoa. Nama Cheng Ho sendiri merupakan nama seorang Muslim berperawakan tinggi yang pernah berlayar dari China hingga ke pantai Afrika. Laksamana Cheng Ho ini mempunyai beberapa misi melalui jalur perdagangan, seperti menjalin persahabatan dan menyebarkan ajaran agama Islam. Oleh karena itulah Kemudian masjid ini didirikan sebagai bentuk apresiasi kepada sosok luar biasa yang membawa misi baik tersebut.

Arsitektur Bangunan

Jika Anda berkunjung ke Masjid Cheng Ho Surabaya, Anda akan disajikan dengan berbagai keindahan arsitektur masjid ini yang penuh dengan makna. Pada bagian langit-langit masjid terdapat seni kaligrafi dan aksara China serta pada bagian atap masjid berbentuk persegi delapan yang menyerupai sarang laba-laba. Uniknya masjid ini tidak memiliki daun pintu yang melambangkan bahwa masjid ini terbuka bagi siapa saja.

Warna Nyentrik

Budaya Tionghoa memiliki ciri khas yang sangat populer, yaitu warna yang nyentrik, seperti warna merah, kuning, biru, dan hijau. Menurut kepercayaan budaya Tionghoa, keempat warna tersebut adalah simbol kebahagiaan, kemasyhuran, harapan dan kemakmuran. Hal tersebut langsung menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang sedang melewati wilayah ini.

Luar biasa ‘kan? Jika Anda merupakan masyarakat Surabaya, rasanya sangat sayang jika Anda tidak pernah berkunjung ke Masjid yang kaya dengan sejarah ini.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : travel.detik.Com

Komentar