oleh

Rempah Kaya Aroma, Kayu Manis Simpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Tak hanya sebagai bumbu masak, penambah aroma pada kopi, dan pengharum kue. Kayu manis telah lama digunakan sebagai bahan obat.

Tak hanya digunakan untuk memasak, rempah yang satu ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Minggu (25/4/2021), berikut manfaat kayu manis utuk kesehatan:

Melawan Bakteri Penyebab Infeksi

Zat aktif Cinnamaldehyde yang terdapat pada kayu manis diyakini mampu membantu melawan berbagai jenis infeksi. Efek antimikroba pada kayu manis juga dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi bau mulut.

Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kayu manis ini bisa melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan juga dipercaya bermanfaat untuk penyakit Alzheimer. Selain kandungan antioksidan yang tinggi, kandungan lain yang terdapat pada kayu manis kabarnya juga dapat menghambat penumpukan protein di otak, yang merupakan salah satu penyebab utama Alzheimer.

Mencegah Risiko Kanker

Ekstrak kayu manis mengandung senyawa yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dengan menghambat terbentuknya aliran darah pada tumor.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Mengonsumsi ekstrak 2 gram setiap hari selama 12 minggu berturut-turut kemungkinan dapat mengontrol gula darah dan menurunkan tekanan darah pada pasien diabetes.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Mengonsumsi makanan yang kaya akan rempah, seperti kayu manis dan kunyit, mampu mengurangi efek negatif dari makanan berlemak, sehingga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar