3 Fungsi Lampu Sein pada Kendaraan Bermotor

Avatar of PortalMadura.com
3 Fungsi Lampu Sein pada Kendaraan Bermotor
Ilustrasi (GridOto.com)

PortalMadura.Com – Ada beberapa jenis pada . Seperti lampu utama dan belakang serta di sisi kanan dan kiri. Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan lampu utama dan belakang, sangatlah penting.

Apabila lampu sein tidak digunakan dengan baik akan menyebabkan kecelakaan pada pengendara. Lantas apa kegunaan dan peran penting lampu sein? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut beberapa manfaat lampu sein pada kendaraan bermotor.

Indikator Motor akan Berbelok

Keberadaan lampu sein yang terletak di samping kiri dan kanan, berguna sebagai indikator motor yang dikendarai akan berbelok sesuai arah lampu menyala.

Namun seringkali ditemui, orang justru menyalakan lampu sein ke arah kanan dan berbelok ke arah kiri, ataupun sebaliknya. Meskipun sepele, hal ini cukup meresahkan pengendara lainnya.

Selain karena tidak sesuai dengan aturan, menyalakan lampu sein yang berbeda dengan arah berbelok juga sangat berbahaya.

Mengurangi Risiko Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas

Peran penting lampu sein selanjutnya yaitu mengurangi tingkat risiko terjadinya kecelakaan. Coba bayangkan jika semua motor tidak dibekali lampu sein. Sehingga orang-orang tidak tahu kemana arah motor di depannya.

Kondisi jalanan dan lalu lintas tentu akan kacau. Untuk itu, keberadaan lampu sein bisa dibilang cukup krusial. Meskipun banyak orang yang menyepelekan eksistensinya.

Sebagai Tanda Pindah Jalur

Saat melewati jalan yang memiliki dua jalur atau lebih, maka penting untuk menyalakan lampu sein saat berpindah jalur. Dengan demikian, pengemudi lain akan tahu dan mengantisipasinya.

Itulah beberapa peran penting lampu sein untuk keselamatan pengendara motor di jalan raya. Setelah mengetahui fungsinya, jangan lupa selalu menggunakan lampu sein saat hendak berbelok dan matikan setelah menggunakannya.

 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.