3 Hal Wajib Orang Tua Lakukan untuk Kepercayaan Diri pada Anak

Avatar of PortalMadura.com
3 Hal Wajib Orang Tua Lakukan untuk Kepercayaan Diri pada Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kepercayaan diri sangat penting dimiliki oleh anak. Jika anak memiliki kepercayaan diri, ia tidak akan takut untuk mencoba hal-hal yang baru. Selain itu, mereka juga akan merasa bangga atas apa yang telah mereka lakukan meskipun hasilnya tidak sesuai seperti yang diinginkan.

Rasa percaya diri juga akan membuat anak berani untuk mengakui kesalahan, serta belajar mengatasi kesalahan yang dilakukannya tersebut. Hal ini akan membuat anak belajar lebih berani dan tidak mudah menyerah. Kepercayaan diri anak perlu dipupuk sejak dini. Bukan hanya dengan kebutuhan materi tapi juga pola asuh yang baik.

Banyak orang tua yang merasa kalau anak sudah sekolah, ikut kegiatan dan kebutuhan materinya terpenuhi, maka sudah cukup. Anak juga perlu dibentuk dan dilatih agar mentalnya tangguh dan percaya diri serta mengetahui kelebihan dan kekurangan dirinya. Rasa percaya diri itu perlu ditanamkan ketika anak tumbuh dan menghadapi masalah yang lebih kompleks.

Lalu bagaimana orang tua memastikan anak-anak mereka memiliki rasa percaya diri yang sehat?

Melansir dari dream.com dikutip oleh laman Fatherly, Roseanne Lesack mengungkap, bahwa ada beberapa hal yang penting dilakukan orang tua untuk membangun kepercayaan diri pada anak. Seperti apa, simak dibawah ini.

Berikan Pujian Atas Usaha Anak
Jangan pelit untuk memberikan pujian pada buah hati. Terutama jika anak sudah berusaha keras tapi tak mendapatkan apa yang diinginkan. Misalnya, sudah berlatih untuk lomba tapi tak mendapat juara, atau belajar dengan keras tapi tak masuk sekolah impian.

“Orang tua harus selalu memuji etos kerja anak mereka, bahkan jika mereka tidak mendapatkan nilai A pada tes matematika atau memenangkan pertandingan sepak bola. Ketika orang tua memuji anak-anak atas upaya yang telah mereka lakukan, kepercayaan dirinya akan kembali. Mentalnya pun jadi lebih tangguh dan membentuknya jadi pribadi yang lebih kuat,” ujar Lesack.

Ungkapkan Kelebihan Diri
Anak-anak yang percaya diri berasal dari orang tua yang percaya diri. Jadi jangan malu berbicara tentang kualitas pribadi, keterampilan, dan kesuksesan. Lesack mengungkapkan, “Orang tua harus berbicara tentang prestasi mereka sendiri. Misalnya ayah baru saja berhasil dalam proyek ini atau ibu baru berhasil membuat barang tertentu dan dijual dengan harga mahal. Anak jadi mengerti kalau tiap orang memiliki nilai lebihnya sendiri.”

Setelah itu, minta anak untuk menganalisis dirinya secara lebih dalam. Hal apa yang sangat disukai dan jadi kelebihan utama dari dalam dirinya.

Jujur dengan Kelemahan
Orang tua yang ingin membesarkan anak-anak yang percaya diri tidak perlu membohongi anak-anak mereka tentang di mana mereka harus bekerja lebih keras. Misalnya saat anak memang lemah pada pelajaran eksak, maka harus dicari solusi.

Mengakui ada kelemahan dan mencari solusi adalah sebuah keterampilan yang dibutuhkan anak di kemudian hari. Hal ini akan membentuk kepercayaan dirinya kelak saat dewasa. Terutama saat mereka menghadapi masalah karena kelemahan dirinya lalu mencari cara mengatasinya.

Itulah beberapa hal penting yang dilakukan orang tua untuk anaknya agar bisa membangun kepercayaan diri. Orang tua bisa menerapkan hal itu untuk anaknya. Selamat mencoba dan semoga informasinya bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.