3 Jenis Buah yang Kulitnya Berkhasiat Untuk Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
Kulit buah pisang
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu makanan yang bermanfaat bagi tubuh dan sering dikonsumsi masyarakat yaitu buah-buahan. Bukan hanya bisa langsung dikonsumsi, buah juga bisa diolah menjadi berbagai macam menu, sehingga kebutuhan akan buah cukup terpenuhi.

Namun, ada salah satu kebiasaan saat mengonsumsi buah yang sering dilakukan masyarakat yaitu mengupas kulitnya. Padahal ada beberapa buah-buahan yang kulitnya bermanfaat bagi tubuh. Tentu saja jika diolah dengan benar. Lantas buah apa saja yang kulitnya bermanfaat bagi kesehatan tubuh?

Ini dia daftarnya:

Kulit Pisang
Pisang memang sangat baik untuk pencernaan, namun bagaimana dengan kulitnya? Sebuah penelitian menyebutkan bahwa terdapat sekiranya sembilan manfaat positif yang bisa diambil dari kulit pisang. Kulit pisang terbukti bisa memutihkan gigi, menyembuhkan kutil dan juga jerawat jika Anda rajin membalurkannya secara teratur.

Kulit pisang juga bisa menjadi obat penahan rasa sakit, membantu sistem pencernaan, mengobati ruam pada kulit dan mengobati kulit Anda jika digigit oleh serangga. Selain itu kulit pisang bisa dijadikan semir dengan mengoleskannya kepada sepatu kulit. Menaruhnya di mata juga akan membantu mata Anda terlindung dari sinar UV.

Kulit Lemon
Lemon merupakan buah yang sangat menyegarkan dan kaya akan vitamin C, tidak hanya dagingnya, kulit buah lemon juga memiliki segudang manfaat positif bagi kesehatan. Anda bisa mengolahnya menjadi asupan tambahan yang sangat bernutrisi.

Setidaknya ada tujuh manfaat positif lemon bagi kesehatan yakni baik untuk kesehatan tulang, membantu meluruhkan racun dalam tubuh, mengurangi kadar kolesterol, menyehatkan jantung dan mulut. Teksur lemon yang asam membuat buah ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mampu membuat kulit menjadi sehat dan bercahaya.

Kulit Mangga
Pernah memakan mangga bersamaan dengan kulitnya? Jika belum, maka cobalah. Kulit mangga ternyata memiliki empat manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kadar antioksidan yang tinggi dari buah tropis ini mampu menangkal radikal bebas yang akan mengganggu fungsi tubuh seperti kulit, mata dan jantung. Kulit mangga juga bisa menurunkan berat badan, melancarkan sistem pencernaan dan membantu mengurangi gejala mual di pagi hari. (okezone.com/Desy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.