3 Kebaikan Dengarkan Musik Ketika Tidur

Avatar of PortalMadura.com
3 Kebaikan Dengarkan Musik Ketika Tidur
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mungkin Anda pernah mendengar bahwa mendengarkan musik ketika tidur itu tidak baik, karena otak jadi tidak bisa beristirahat. Padahal, hal tersebut tidak selalu merugikan tubuh dan otak Anda . Faktanya, mendengarkan musik menjelang tidur miliki manfaat tersediri lho. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Tidur Cepat dan Jadi Obat Insomnia
Bila Anda susah tidur, cobalah untuk mendengarkan lagu untuk membantu Anda tertidur. Beberapa peneliti pun menyarankan agar membuat playlist lagu yang Anda suka dan mendengarkannya untuk jadi pengantar tidur.

Bahkan cara ini terbilang manjur bagi Anda yang mengalami gangguan susah tidur atau insomnia. Dengarkanlah lagu-lagu yang memiliki tempo lambat dan santai, sehingga tubuh dan pikiran Anda akan ikut santai ketika mendengarnya.

Tidur Jadi Lebih Nyenyak
Musik sendiri memiliki manfaat untuk mengobati stress dan menenangkan pikiran. Sebuah studi membuktikan bahwa mendengarkan musik dapat membuat Anda tidur lebih cepat dan nyenyak.

Tempo musik dikatakan bisa memengaruhi detak jantung Anda. Nah, jadi bila Anda memasang lagu waktu tidur, pilihlah lagu-lagu yang memiliki tempo pelan, seperti lagu yang memiliki BPM yang lambat.

Tingkatkan Memori Otak
Sebuah studi membuktikan bahwa mendengarkan musik saat tidur dapat membantu meningkatkan memori otak.

Para peneliti menemukan bahwa suara yang disinkronisasi dengan ritme otak yang lambat dapat meningkatkan ritme otak yang kemudian meningkatkan memori dan kualitas tidur seseorang.

“Keindahan terletak pada kesederhanaan menerapkan stimulasi pendengaran pada intensitas rendah,” ujar Dr. Jan Born dari Universitas Tübingen, Jerman, dilansir dari Daily Mail.

Dr. Jan mengatakan bahwa peningkatan memori ini dapat berjalan efektif jika ritme suara atau lagu yang didengarkan berjalan selaras dengan ritme otak yang lambat ketika seseorang tidur nyenyak.

Meskipun hal tersebut ternyata dapat memberikan manfaat, bukan berarti Anda jadi sering mendengarkan musik ketika tidur, ya. Anda boleh mendengarkan musik saat tidur, tapi lakukanlah sesekali saja karena otak Anda juga butuh istirahat setelah seharian bekerja.

itulah beberapa manfaat dari mendengarkan musik saat tidur, Semoga bermanfaat. (gadis.co.id/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.