oleh

3 Kriteria Suami Idaman Menurut Islam

PortalMadura.Com – Mayoritas wanita mendambakan memiliki suami yang baik dan saleh. Hal itu tidak hanya diinginkan oleh wanita saleha saja, namun mereka yang suka malas dalam beribadah pun juga menginginkannya.

Akan tetapi, terkadang makna “saleh” diartikan berbeda oleh setiap orang. Mereka belum memahami secara rinci seperti apa pria saleh yang dijelaskan oleh Islam.

Berikut ini tiga kriteria pria idaman menurut Islam:

Taat
Taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, sebagaimana firman Allah SWT: “Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian adalah yang paling bertaqwa” (QS. Al Hujurat: 13).

Agama dan Akhlak
Rasulullah bersabda: “Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar” (HR. Tirmidzi. Al Albani berkata dalam Adh Dho’ifah bahwa hadis ini hasan lighoirihi).

Bertanggung Jawab
Memberi nafkah merupakan kewajiban seorang suami. Islam telah melarang seoarng suami memiliki sikap menyia-nyiakan hak istri, anak-anak serta kedua orang tua dalam nafkah. Jika suami menyia-nyiakan istri maka termasuk dosa besar.

Rasulullah bersabda: “Cukuplah seseorang itu berdosa bila ia menyia-nyiakan orang yang menjadi tanggungannya” (HR. Ahmad, Abu Dawud). Wallahu A’lam. (okezone.com/Salimah)

Loading...