3 Manfaat Besar Baca Surah Al-Ikhlas yang Jarang Orang Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
3 Manfaat Besar Baca Surah Al-Ikhlas yang Jarang Orang Ketahui
Ilustrasi (ISLAM Sosmed)

PortalMadura.Com – Salah satu surah pendek dalam Alquran yang sering dibaca umat Muslim ketika salat atau kesempatan lain yaitu surah al- Ikhlas. Walaupun termasuk surah yang pendek, namun siapa sangka bahwa ternyata di dalamnya mengandung banyak keutamaan dan manfaat yang besar.

Tapi, tidak banyak orang yang mengetahui dan memaksimalkan keistimewaan surah ini dengan baik. Padahal, kedudukannya surah ini sepertiga dari Alquran. Sebagaimana yang diungkapkan Sayyid Muhammad bin ‘Alawi al-Maliky al-Hasany dalam kitabnya yang berjudul Abwab al-Faraj, mengatakan keistimewaan surah ini adalah kedudukannya sepertiga Alquran. Ini seperti yang ditegaskan riwayat Muslim dan Tirmidzi dari Abu Hurairah.

Ada banyak pendapat mengapa diposisikan sebagai sepertiga Alquran. Di antaranya karena surah ke-112 ini mengandung tiga muatan sekaligus yaitu hukum, informasi, dan tauhid. Pendapat lain menyatakan, karena membaca al-Ikhlas sama saja pahalanya dengan membaca sepertiga Alquran.

Namun, membaca Alquran secara sistematis, ternyata juga memberikan efek yang juga dahsyat serta mendatangkan manfaatnya yang nyata, atas seizin Allah SWT. Apa sajakah manfaat tersebut?. Berikut daftarnya:

Sebuah Istana di Surga
Membaca surah al-Ikhlas 10 kali secara berturut-turut sama saja dengan membangun sebuah istana di surga kelak. Demikian juga berlaku kelipatannya, maknanya jika surah ini dibaca 20 kali, dia akan berhak mendapatkan dua buah istana. Ini sebagaimana riwayat dhaif dari kitab al-Hishn. Riwayat Imam Ahmad dan at-Thabranin dari Mu'adz bin Anas.

Memperbanyak Rezeki
Bagaimana caranya?. Bacalah surah al-Ikhlas setiap memasuki rumah. Hal ini sebagaimana hadis riwayat at-Thabrani dari Jarir bin Abdullah. Seorang sahabat pernah mengeluhkan kemiskinan dan impitan hidup kepada Rasulullah. Lalu Rasulullah memberikan resep tersebut yakni membaca sekali surah al-Ikhlas setiap memasuki rumah.

Baca Juga: Bacalah 3 Surah Ini, Dijamin Setan Tak Berani Masuk Rumah Anda

Menutup dan Menghilangkan Dosa Kecil
Seperti apa teknisnya?. Bacalah surah al-Ikhlas tiap hari dua ratus kali. Dalam riwayat Tirmidzi dari Anas bin Malik dijelaskan, Allah akan menghapus dosanya 50 tahun, selama dia tidak memiliki utang.

Sayyid Muhammad memberikan catatan, beberapa hadis di atas statusnya lemah, namun demikian, berhujjah dengan hadis lemah selama dalam keutamaan ibadah, menurut mayoritas ulama diperbolehkan. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.