3 Manfaat Main Air Bagi Anak

Avatar of PortalMadura.Com
3 Manfaat Main Air Bagi Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian besar -anak suka . Jadi tidak heran jika saat si kecil bisa betah berlama-lama bermain air. Karena air merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikkan.

Ketika si kecil sering bermain air maka konsekuensinya yaitu baju anak akan basah atau sering ganti baju. Meskipun kadangkala hal itu menjadi kekhawatiran orang tua. Namun ternyata, ada beberapa manfaat yang diperoleh anak jika suka main air. Apa saja?

Berikut ini penjelasannya:

Mengenal Alam dan Matematika
Hanya dengan bermain air, Anda bisa mengenalkan tentang ilmu alam dan matematika pada anak. Misalnya Anda bisa minta anak memegang dan merasakan air sembari memberi pemahaman bahwa air berbentuk cair, karena itu bentuknya akan selalu mengikuti wadahnya.
Nah, air juga bisa diukur berdasarkan ukuran wadahnya. Anda bisa memberikan gelas ukur pada anak untuk mengetahui ukuran air.

Membangun Kekuatan
Berenang juga bermain air. Nah, berenang bisa membantu anak membangun kekuatan. Saat mereka menggerakkan tubuhnya di dalam air, maka akan butuh lebih banyak kekuatan otot.

Berenang juga membantu anak belajar koordinasi tubuh. Jadi ketika berenang, tentu anak akan menggerakkan tubuhnya. Nah, bergerak di air tidak semudah bergerak di tempat tanpa air, karena itu anak akan belajar mengoordinasikan setiap sisi tubuhnya.

Termotivasi Main di Luar
Saat main air, umumnya anak melakukannya di luar ruangan. Nah, bermain di luar ruangan punya banyak dampak positif bagi anak.

Interaksi dengan alam bisa memengaruhi perilaku, performa akademik, dan kemampuan sosial bagi anak. Selain itu bermain di luar juga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Bayu Wijanarko, ELC toys expert beberapa waktu lalu bilang bermain di luar bermanfaat untuk motorik kasar anak. “Kenapa harus melatih motorik kasar? Karena ada otot-otot di kaki dan tangan kita yang secara fungsional akan meningkatkan kinerja otak kita,” ujar Bayu.

Oh iya, terkait kemampuan sosial, ini bukan hanya untuk berkomunikasi dengan orang lain, Bun, tapi sebenarnya anak juga melatih dirinya untuk bisa bicara dengan dirinya sendiri.

Mengurangi Stres
Karena dunia anak adalah dunia bermain, dengan bermain anak bisa mengurangi level stresnya. Ya, kalau permainannya tepat dan sesuai usia tentu bisa mengurangi stres anak.

“Main air merupakan pilihan yang tepat untuk permainan tidak berstruktur,” ujar psikolog klinis, Dr Suzy Green.

Main air sudah dilakukan anak-anak sejak dulu. Mungkin saat masih kecil dulu, ayah dan bunda juga termasuk anak yang suka main air. Ya, main air memang bisa dibilang permainan yang tidak lekang oleh waktu.

“Dengan main air, anak bisa memuaskan rasa ingin tahu, tertawa, dan bermain. Ini semua karakter anak yang sangat penting,” imbuh Suzy. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.