oleh

3 Manfaat Menakjubkan Bunga untuk Kesehatan, Tak Hanya Terlihat Cantik

PortalMadura.Com – Mayoritas wanita menyukai bunga. Selain cantik, beberapa bunga bisa digunakan untuk pengobatan herbal, seperti coneflower dan lavender.

Bahkan, ada juga bunga yang bisa dimakan (edible flower), salah satunya yaitu marigold. Nah, tidak hanya oral, manfaat bunga untuk kesehatan juga bisa didapatkan secara visual. Anda tidak percaya?.

Berikut tiga manfaat bunga untuk kesehatan:

Mencegah Kecemasan dan Menenangkan
Melihat hamparan hijau memang sangat menyejukkan. Itulah mengapa banyak orang dari kota berbondong-bondong ingin liburan di daerah pedesaan. Begitu pula dengan melihat bunga.

Menurut beberapa penelitian, melihat bunga yang masih segar bisa mencegah perasaan cemas dan depresi. Tidak hanya itu saja, bunga yang diletakkan di dekat tempat tidur ternyata memberi efek yang menenangkan. Hal ini bagus bagi Anda yang menderita insomnia.

Namun, pastikan yang Anda taruh adalah bunga potong. Hal ini dikarenakan, pada malam hari tumbuhan hidup mengeluarkan karbondioksida.

Menyembuhkan Penyakit
Seperti yang telah disinggung di atas. Bahwa beberapa tumbuhan bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit. Salah satu contohnya adalah coneflower.

Menurut penelitian dari National Institutes of Health (NIH) menyebutkan, bahwa echinacea (coneflower) memiliki kandungan fitokimia yang mana bermanfaat dalam melawan sel tumor yang bisa berkembang menjadi sel kanker.

Selain itu, peneliti dari University of British Columbia juga mengatakan, bahwa mengonsumsi bunga echinacea secara teratur bisa meringankan dan menyembuhkan beragam jenis peradangan.

Meningkatkan Konsentrasi
Pernah tidak sih Anda berpikir mengapa di area perkantoran, di setiap sudut ruangan atau bahkan meja diberi tanaman hias atau bunga?. Hal ini berkaitan dengan pasokan oksigen dalam ruangan yang diberikan tumbuhan dan nantinya juga akan dihirup oleh orang yang berada di ruangan tersebut. Dengan begitu, udara yang dihirup lebih berkualitas, oksigen mengalir lancar ke otak, sehingga konsentrasi meningkat. (himedik.com/Salimah)


Komentar