oleh

3 Manfaat Mujarab Daun Waru Bagi Kesuburan Rambut

PortalMadura.Com – Daun waru merupakan tumbuhan yang mempunyai nama ilmiah Hibiscus tiliaceus. Daun ini umumnya sering ditemui di area pekarangan tumah atau ladang.

Siapa sangka, meskipun tumbuhnya tidak terawat, daun waru menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya nenek moyang untuk menjaga kesuburan rambut.

Biasanya, daun jenis ini sering diolah menjadi campuran minyak cem-ceman atau tonik penyubur rambut. Ada juga yang mengkombinasikan dengan herba lain yang juga diyakini berkhasiat untuk rambut, antara lain urang-aring.

Baca Juga : Ingin Cantik Seperti Putri Keraton? Lakukan 5 Perawatan Tradisional Ini

Lantas, apa saja khasiat daun waru untuk kecantikan rambut?. Berikut ini penjelasan singkatnya, disertai cara untuk mengolahnya, sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (21/12/2019) dari laman Merdeka.com:

Khasiat Daun Waru untuk Rambut

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Teknologi Busana dan Boga, sampo dengan kandungan utama daun waru terbukti bisa mengurangi kerontokan rambut.

Jadi, tanaman yang juga dikenal dengan nama sea hibiscus dan coast cottonwood ini memang punya khasiat lebih untuk perawatan rambut. Daun waru diyakini memiliki sejumlah khasiat untuk rambut, yaitu:

1. Menyuburkan rambut
2. Mencegah kerontokan
3. Mengatasi ketombe

Cara Membuat Tonik Daun Waru

Nah, apabila Anda ingin mendapatkan khasiat daun waru, Anda bisa menggunakan tonik atau sampo berbahan daun waru yang tersedia di pasaran. Atau Anda bisa membuat tonik rambut sendiri dari daun waru segar.

Bagi yang ingin mencoba membuatnya sendiri, tidak ada salahnya ikuti langkah-langkah berikut:

Bahan:

15-20 lembar daun waru muda

Instruksi:

Cuci bersih daun waru muda terlebih dahulu, kemudian remas-remas dengan tangan dan peras airnya. Lalu, saring air perasan daun waru dan diamkan semalam di ruangan terbuka.

Ke esokan harinya, gunakan air tersebut untuk pemijatan kulit kepala. Lakukan pijatan ringan selama tiga sampai lima menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda perlu melakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : merdeka.com

Komentar