3 Menu Makan Sahur Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa

Avatar of PortalMadura.com
3 Menu Makan Sahur Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sahur merupakan salah satu kegiatan makan paling penting karena dapat menjadi penentu energi seseorang selama satu hari puasa Ramadan. Untuk itu, memilih menu makan yang tepat saat sahur adalah hal yang sangat penting dilakukan dalam berpuasa.

“Ketika memilih apa yang dimakan selama Ramadan, ingat bahwa buka dan sahur membantu menjaga puasamu selama seharian, sehingga mengonsumsi makanan yang tepat sangat penting,” ungkap Departement of Dietetics, Singapore General Hospital (SGH).

Penting untuk diketahui, bahwa menu makanan sahur harus dapat menyediakan cukup energi yang mampu bertahan lama untuk menjaga puasa Anda.

Berikut tiga menu makanan yang sebaiknya Anda konsumsi ketika sahur:

Buah dan Sayur
Buah dan sayur memiliki kandungan serat yang kaya dan sangat penting selama bulan puasa. Pasalnya, kedua makanan ini dapat meningkatkan rasa kenyang serta membantu mencegah konstipasi. Makanan ini juga mengandung vitamin, mineral, serta fitokimia yang sangat penting untuk kesehatan.

Nasi dan Karbohidrat Lainnya
Makanan dengan kandungan karbohidrat sangat penting untuk dikonsumsi karena kaya dengan serat. Selain nasi putih, nasi merah serta roti gandum merupakan pilihan yang sangat baik karena memerlukan waktu yang lama untuk dicerna. Lamanya waktu mencerna ini bisa membantu tubuh menjaga energi lebih lama.

Baca Juga: Cara Ampuh Bangun Sahur Tepat Waktu

Daging dan Sumber Protein Lainnya
Daging ayam, ikan, dan susu rendah lemak merupakan sumber protein yang baik serta bisa membatasi asupan lemak. Lebih lanjut, makanan ini dapat membantu untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, serta untuk membangun sistem imun. Mengonsumsi produk susu tinggi kalsium juga dapat membantu untuk menjaga tulang tetap kuat. Bagi Anda yang memiliki intoleransi laktosa, susu sapi ini bisa diganti dengan jenis lain seperti susu keledai.

Tiga jenis makanan di atas merupakan menu yang tepat untuk dikonsumsi selama sahur di bulan Ramadan. Konsumsi secara berimbang sejumlah makanan tersebut untuk membuat ibadah puasa Ramadan yang Anda jalani tetap berjalan dengan baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.