oleh

3 Pabrikan Siap Serap Tembakau Sumenep, 28 Agustus PT GG Sudah Buka

PortalMadura.Com, Sumenep – Tiga perusahaan rokok (pabrikan) akan melakukan pembelian tembakau petani Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Satu di antaranya, PT Gudang Garam (GG) Kediri akan melakukan pembelian atau buka gudang mulai tanggal 28 Agustus 2020.

“Tiga perusahaan itu, Gudang Garam, Djarum dan Wismilak,” terang Kepala Dinas Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Sumenep, Arif Firmanto, Selasa (25/8/2020).

Laporan yang diterima pihaknya, PT. Gudang Garam yang dijadwalkan akan memulai pembelian tembakau pada tanggal 28 Agustus, untuk PT GG Guluk-guluk akan menyerap 1.500 ton tembakau Sumenep.

“Kalau Djarum kebutuhannya 9 ribu ton tembakau. Dan Wismilak akan buka awal September untuk kebutuhannya akan kita update terus,” katanya.

Pihaknya bersama legislatif akan melakukan kunjungan ke masing-masing gudang untuk mengetahui proses pembelian tembakau petani.

Ia pun berharap, petani tembakau Sumenep dapat menjaga kualitas dan jangan sampai over produksi sehingga harga tetap memihak pada petani.

Luas areal tanaman tembakau tahun 2020 diproyeksikan hanya 8.595 hektare atau turun sekitar 5.742 hektare dari tahun 2019 yang mencapai 14.337 hektare.(*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar