3 Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes

Avatar of PortalMadura.com
3 Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes
Ilustrasi (pixabay)

PortalMadura.Com – Ban merupakan salah satu komponen penting kendaraan bermotor. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih ban yang memiliki keunggulan tidak mudah kempes, seperti .

Meskipun ban tubeless cukup awet dan tidak gampang bocor, namun terkadang ban tubeless bisa kempes secara tiba-tiba. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut penjelasannya:

Kondisi Pentil Ban Motor yang Kendor

Ban tubeless juga dapat mengalami kondisi kempes sewaktu-waktu. Salah satu faktornya dipengaruhi oleh pentil ban yang mungkin terpasang kurang rapat atau agak kendor.

Kondisi ini dapat membuat udara yang ada di dalam ban perlahan keluar ketika motor sedang digunakan berkendara.

Untuk itu jikabaru saja mengisi udara pada ban kendaraan, pastikan selalu mengecek apakah pemasangan pentilnya sudah cukup rapat?

Caranya bisa dengan mengoleskan air pada ujung pentil ban motor. Jika terdapat gelembung udara yang keluar artinya pemasangan pentil ban kurang rapat, pun begitu sebaliknya.

Selain itu, usia pentil ban motor juga dapat mempengaruhi daya kekuatannya dalam menahan atau menutup udara. Sehingga jika memang dirasa sudah terlalu lama menggunakannya, bisa segera melakukan penggantian pada komponen tersebut.

Bocor Halus

Meski disebut-sebut sebagai ban anti bocor. Nyatanya ban tubeless juga bisa mengalami kondisi bocor halus sewaktu-waktu, lho.

Hal ini biasanya disebabkan ketika motor berjalan di area bebatuan atau berkerikil yang cukup tajam. Sehingga membuat lubang kecil pada ban tersebut bahkan mungkin tidak terlihat secara gamblang.

Bocor halus ini biasanya akan terasa setelah 1-2 hari penggunaan sepeda motornya. Di mana Anda perlahan akan merasa ban motor Anda kempes setelah digunakan untuk berkendara.

Debu dan Pasir Menempel pada Ban

Tidak jauh berbeda dengan bocor halus yang disebabkan oleh batuan atau kerikil yang tajam. Debu dan pasir yang menempel pada ban tubeless pun juga dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ban tersebut kempes.

Butiran pasir atau debu ini biasanya akan mengisi ruang antara ban dan velg yang mana jika tidak segera dibersihkan hal tersebut dapat menimbulkan celah yang membuat udara dalam ban perlahan keluar. Akibatnya, ban motor Anda bisa kempes meski tanpa sadar.

Solusinya yaitu dengan melakukan pembersihan pada komponen ban secara berkala. Ini dilakukan dengan mencopot ban dari velg-nya terlebih dahulu dan menyingkirkan pasir maupun debu yang menempel di sekitarnya.

Nah, itulah tadi beberapa penyebab ban tubeless sering kempes ketika digunakan berkendara. Meski sering dikatakan sebagai ban yang anti bocor bukan berarti sepenuhnya ban tubeless tidak akan mengalami kebocoran.

Jadi pastikan Anda mengecek kondisi setiap komponen kendaraan sebelum berkendara, ya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.