3 Risiko Helm Tanpa Visor bagi Pengendara Motor

Avatar of PortalMadura.com
3 Risiko Helm Tanpa Visor bagi Pengendara Motor
Ilustrasi (KlikDokter)

PortalMadura.Com merupakan alat untuk melindungi kepala saat berkendara. Pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm untuk melindungi kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan.

Meskipun fungsi helm sudah sangat jelas bahkan sanksi apabila tidak menggunakannya juga berat, namun masih banyak pengendara sepeda motor yang lalai dan enggan mengenakannya. Selain itu, juga banyak orang menggunakan helm yang tidak memiliki visor atau kaca pelindung.

Padahal helm yang tidak dilengkapi visor atau kaca pelindung sangat berbahaya jika digunakan. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Wahana Honda, berikut beberapa bahaya menggunakan helm tanpa visor.

Risiko Mata Mudah Kelilipan Benda Asing

Visor atau kaca pelindung pada helm berguna sebagai penangkal debu, kotoran hingga hewan-hewan kecil yang berterbangan di jalan agar tidak masuk ke area mata.

Mata Lebih Mudah Silau dan Penglihatan Terganggu

Selain untuk melindungi indra penglihatan dari masuknya benda-benda asing. Kaca visor pada helm juga berguna sebagai penangkal sinar UV dari matahari agar tidak mengganggu penglihatan selama berkendara di siang hari.

Kehilangan Kendali dan Konsentrasi

Jika indera penglihatan kemasukan benda asing atau silau saat berkendara. Secara otomatis, pengendara akan sangat terganggu.

Hal ini bisa berakibat fatal jika Anda tidak bisa memegang kendali setang motor dengan kuat dan stabil.

Risiko jatuh hingga menabrak objek yang ada di depan bisa saja terjadi. Jika Anda adalah penikmat helm bergaya retro yang tidak dilengkapi dengan visor, cara paling mudah melindungi mata ialah menggunakan goggle atau kacamata pelindung.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.