3 Sifat Inilah Jadi Sumber dari Segala Dosa

Avatar of PortalMadura.Com
3 Sifat Inilah Jadi Sumber dari Segala Dosa
ilustrasi (kisahikmah.com)

PortalMadura.Com – Di saat menjalani hidup di dunia, manusia memang tidak luput dari yang namanya . Namun, bagaimana sikap Anda untuk menghindari perbuatan dosa tersebut?.

Untuk itu, jika Anda tidak ingin terjerumus ke dalam banyak dosa, maka Anda harus bisa menghindari 3 hal yang menjadi sumber dari segala dosa. Tiga hal yang menjadi sumber segala dosa ini, dapat memudahkan Anda terjerumus ke dalam dosa-dosa yang lainnya.

Rasulullah sudah pernah menjelaskan jika terdapat tiga sifat yang harus Anda hindari karena dapat menimbulkan perbuatan dosa lainnya. Sifat apa saja itu?.

Berikut tiga sifat yang dapat menimbulkan perbuatan dosa lainnya:

Merasa Angkuh
Sifat angkuh merupakan sifat yang bisa menimbulkan dosa yang lainnya. Karena sifat angkuh ini akan membuat seseorang jadi keras kepala, merasa benar, dan merasa paling suci serta paling hebat sehingga bisa membuat seseorang memiliki sifat sombong.

Sifat sombong inilah yang akan membuat setan menyukainya dan mulai menggoda melakukan dosa lainnya.

Rasa Iri Hati
Sifat iri hati juga dapat menimbulkan perbuatan dosa lainya. Orang yang memiliki sifat iri hati hidupnya tidak akan merasa tenang dan puas dengan apa yang mereka miliki didunia. Sebab, ia selalu merasa iri dengan apa yang orang lain miliki.

Seperti halnya masalah kecantikan, wanita yang memiliki sifat iri hati tidak akan puas dengan kecantikan yang ia miliki. Sehingga ia akan berbuat segala hal untuk membuatnya terlihat lebih cantik lagi, dan begitu lah seterusnya jika ada yang lebih cantik lagi dari dirinya.

Tentunya, orang yang memiliki sifat iri hati hanya akan memikirkan urusan di dunia saja, dan melupakan urusan di akhirat, sehingga mereka pun tidak segan melakukan banyak dosa untuk mencapai keinginannya itu.

Sifat Rakus
Sifat rakus atau tamak adalah sifat yang juga dapat menimbulkan perbuatan dosa lainnya. Orang yang memiliki sifat rakus akan lupa bahwa apa yang mereka miliki sekarang ini adalah milik Allah.

Untuk menghindari sifat rakus ini seseorang haruslah selalu ingat jika apa yang ia miliki di dunia adalah milik Allah dan kelak akan kembali kepada Allah, jika Anda tidak ingin terjerumus ke dosa lainnya.

Sebisa mungkin Anda harus bisa menghindari ke tiga sifat di atas, agar dosa yang lainnya pun tidak akan Anda lakukan. (situshiburan.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.