oleh

3 Tanda Kulit Alami Dehidrasi Ketika Puasa Ramadan

PortalMadura.Com – Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan tentu tubuh bisa kekurangan cairan atau dehidrasi. Hal ini bisa menyebabkan seseorang mudah mengantuk, kurang konsentrasi, dan kulit menjadi kusam. Tidak dapat dipungkiri, permasalahan kulit kusam bisa membuat penampilan kurang maksimal.

Parahnya lagi, dehidrasi yang dialami oleh seseorang ternyata juga bisa berdampak pada lapisan kulitnya. Lapisan kulit kehilangan faktor pelembap alami, sehingga kulit terlihat kering.

Perlu Anda ketahui, bahwa bagian terluar kulit yang bisa mengalami dehidrasi disebut dengan epidermis. Pada lapisan epidermis terdapat bagian yang disebut dengan stratum korneum. Pada lapisan stratum korneum terdapat membran lipid-protein yang apabila kekurangan cairan, akan membuat kulit kering dan kehilangan elastisitas. Hal ini dikarenakan pada membran lipid protein terdapat faktor pelembap alami kulit yang disebut dengan Natural Moisturizing Factor (NMF).

Kerja dari NMF tersebut adalah dengan mempertahankan cairan dan menariknya di lapisan kulit agar kulit tetap terhidrasi. Pada dasarnya NMF terdiri dari urea, laktat dan garam. Jumlah NMF dalam kulit dapat berkurang ketika tubuh kekurangan cairan hingga 10 persen.

Baca Juga: Ladies, Kenali 5 Hal Penyebab Kulit Dehidrasi

iklan hari santri

Maka dari itu, supaya Anda dapat membedakan apakah masalah pada kulit yang Anda alami merupakan dehidrasi ataukah bukan, ada beberapa gejala utama yang terjadi di kulit.

Berikut tiga ciri utama kulit yang dehidrasi, seperti dikutip Merdeka.com dari Jovee.

Kulit Mengelupas

Terjadinya pengelupasan pada bagian kulit tertentu menjadi salah satu tanda utama dari dehidrasi kulit. Selain itu, timbulnya garis halus pada kulit juga menjadi tanda dari dehidrasi yang bisa diamati.

Timbul Rasa Gatal pada Kulit

Munculnya rasa gatal pada kulit yang kencang, terutama setelah Anda berenang, mandi ataupun mencuci bisa menjadi salah satu gejala dari kulit dehidrasi. Rasa gatal ini kemudian akan berubah menjadi kemerahan seperti ruam.

Kulit Kasar dan Kusam

Kulit terasa kasar dan juga tampak kusam merupakan salah satu gejala dari dehidrasi kulit. Hal ini disebabkan stratum korneum pada epidermis kekurangan cairan yang menyebabkan produksi NMF terganggu.

Itulah tiga tanda kulit yang mengalami dehidrasi. Untuk itu, cukupi kebutuhan cairan Anda setelah berbuka. Jangan langsung minum air dalam jumlah banyak agar kadar sodium di dalam darah Anda tidak turun drastis. Minumlah sedikit demi sedikit secara teratur.

Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.