Manfaat Bulu Ketiak yang Tak Banyak Orang Tahu

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Bulu Ketiak yang Tak Banyak Orang Tahu
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mencabut memang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh. Apalagi, sebagian orang, khususnya kaum hawa, beranggapan bahwa bulu hanya akan menurunkan kualitas penampilannya sehingga mereka lebih memilih untuk mencabutnya.

Namun, tidak sedikit orang yang mengetahui bahwa bulu di bagian tubuh yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi manusia. Sebagaimana yang dilakukan oleh artis cantik Alexandra Gottardo, ia memutuskan untuk tidak mencukur bulu ketiaknya. Mengapa demikian?.

Alexandra mengungkapkan, dirinya sengaja memelihara bulu ketiaknya saat diwawancara Imam Darto, Omesh, Surya Insomnia, dan Angga Nggok dalam sebuah podcast.

“Aku growing armpit hair kalau nggak ada kebutuhan photoshoot untuk di-share, aku biarin aja. It's natural human body,” katanya dalam podcast tersebut.

Di akun Instagram miliknya, ia juga sempat memamerkan bulu ketiaknya dan tampak percaya diri. Apa yang dilakukan Alexandra ini sebetulnya bukan hal baru. Figur publik dunia seperti Madonna, Julia Roberts, Halsey, dan Miley Cyrus pun melakukannya dan bangga memamerkannya. Hal ini dianggap sebagai bagian dari kecintaan atau penerimaan terhadap tubuh sendiri.

Perlu diketahui, bahwa pertumbuhan bulu ketiak dimulai pada masa pubertas dan berakhir kala masa itu usai. Karena lokasinya yang berbentuk lipatan, ketiak manusia cenderung lebih lembap dari daerah lainnya. Kelembapan pada area ini, apokrin di ketiak, beserta bakteri pada lokasi tersebut akan menimbulkan bau khas pada ketiak.

Manfaat Bulu Ketiak

Untuk itu, berikut ini tujuh manfaat bulu ketiak bagi manusia, melansir dari Klikdokter.com, Kamis (30/4/2020):

Mengurangi Gesekan saat Beraktivitas Berat

Jika Anda melakukan aktivitas fisik yang berat, Anda mungkin ingin menumbuhkan bulu ketiak untuk mengurangi gesekan.

Menjauhkan Bakteri untuk Masuk ke dalam Kulit

Bulu ketiak punya manfaat menjauhkan bakteri dari kulit. Hal ini agar bakteri tidak bisa bertahan dan nyaman. Jadi, ada perlindungan terhadap infeksi!

Melindungi Pembuluh Darah

Rambut di ketiak berfungsi sebagai pelindung kulit. Anda tentu tidak ingin pembuluh darah penting dalam bahaya, bukan?. Fungsi ini bisa melindungi sistem peredaran darah dari bahaya.

Mencegah Penyakit Kulit akibat Mencukur

Pertanyaan “Haruskah bulu ketiak dicukur?” kini sudah memiliki jawabannya, yakni tidak harus!

“Ketika terlalu sering bercukur, Anda bisa mengalami iritasi, folikulitis, ruam kulit, peradangan, dan bahkan infeksi dari pisau cukur yang kotor,” ungkap Lektor Kepala Klinis Dermatologi di Universitas Yale, Amerika Serikat, Dr. Mona Gohara, seperti dilansir dari Good Housekeeping.

“Kegiatan mencukur dilakukan oleh kebanyakan orang hanya karena mengikuti norma sosial. Tidak ada alasan biologis untuk menghilangkan rambut tersebut,” tegasnya.

Baca Juga: Ingin Singkirkan Bulu Ketiak dalam Sekejap? Ikuti 4 Langkah Mudah Ini

Mengatur Suhu Tubuh

Bulu merupakan bagian yang sangat sensitif terhadap suhu. Ia akan berbaring saat terkena suhu hangat dan akan berdiri ketika terkena suhu dingin. Perubahan posisi tersebut secara alami dilakukan untuk “menjebak” atau melepaskan panas agar suhu tubuh Anda tetap stabil.

Menarik Perhatian Pasangan Seksual

Dokter Alvin sempat menyinggung soal manfaat bulu ketiak terhadap fungsi reproduksi. Hal itu berkaitan dengan munculnya feromon atau zat kimia berupa aroma yang dikeluarkan makhluk hidup (manusia dan hewan) ketika birahi.

Ahli Kecantikan Leigh Caruana mengatakan, aroma tersebut akan tercium oleh pasangan seksual yang tepat. Bagi yang lainnya, mungkin aroma tersebut tidak tercium atau biasa saja, tapi pada pasangan ‘seks' yang tepat, aroma itu benar-benar menusuk!

“Bulu ketiak akan menangkap keringat dan mengeluarkan feromon yang dapat membuat Anda lebih ‘diinginkan' di orang lain,” tuturnya.

Bikin Anda Terlihat “Strong”

Pada pria, kehadiran bulu ketiak bisa menambah kesan macho, apalagi kalau sedang berolahraga, mengangkat barang berat, atau sedang bermain alat musik (main drum).

Sementara pada wanita, adanya bulu ketiak juga bisa menandakan bahwa Anda tipikal cewek strong dan menerima diri apa adanya!

Semoga informasi tentang Manfaat Bulu Ketiak diatas dapat membantu anda memahami setiap lekuk tubuh anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.