3 Tanda Ring Piston Motor Rusak

Avatar of PortalMadura.com
3 Tanda Ring Piston Motor Rusak
Ilustrasi (BukaReview)

PortalMadura.Com merupakan salah satu komponen yang mampu mempengaruhi terhadap kinerja mesin. Bentuk bulat melingkar seperti cincin yang berfungsi menyegel ruang bakar sehingga ada sedikit gas yang hilang ke kotak engkol. Selain itu, meningkatkan perpindahan panas dari piston ke dinding silinder.

Saat ring piston bergerak dari posisi titik mati bawah menuju titik mati atas, maka saat itulah terjadi proses buang. Proses ini kemudian dimanfaatkan untuk menghasilkan kompresi yang sempurna.

Selain itu ring piston harus terpasang dengan rapat hingga tidak menimbulkan celah. Ring piston yang aus atau longgar tentunya akan menimbulkan masalah.

Kerusakan ring piston dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya umur. Ring piston sebenarnya merupakan komponen slow moving, sehingga selang waktu penggantiannya bisa sangat lama. Penggantian komponen ini tidak dapat dipastikan jeda waktunya. Hal ini tergantung pemakaian dan perawatan .

3 Tanda Ring Piston Motor Rusak

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Suzuki Indonesia, berikut beberapa tanda kerusakan ring piston.

1. Oli Mesin Cepat Habis

Jika oli mesin motor cepat habis, kemungkinan besar diakibatkan oleh ring seher yang sudah aus atau lemah.

Ring yang seharusnya merapatkan celah antara piston dan blok silinder agar tidak ada aliran oli ke ruang bakar, menjadi kehilangan fungsi.

Ketika ring aus, oli lebih mudah masuk ke ruang bakar karena piston bergerak naik turun. Hal ini membuat oli terbakar sia-sia sehingga cepat berkurang dan habis.

2. Keluar Asap Putih dari Knalpot

Berkaitan dengan gejala pertama, oli yang terbakar dalam ruang bakar akan menimbulkan asap putih. Tanda ini merupakan gejala yang paling mudah dilihat.

Jika motor mengeluarkan asap putih kebiruan, segera cek oli mesin. Jika semakin cepat berkurang, gantilah ring seher kendaraan.

3. Kick Starter Lebih Ringan

Jika kick starter menjadi lebih ringan daripada biasanya, ini menjadi salah satu tanda ring piston motor sudah longgar. Hal ini karena piston tidak dapat memampatkan udara dan bensin secara maksimal, sehingga mengakibatkan tekanan kompresi semakin berkurang.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.