3 Tips Memaksimalkan Anda saat Berolahraga

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Jaga Stamina Tanpa Narkoba
Ilustrsi

PortalMadura.Com – Olahraga yang Anda lakukan terbung sia-sia, ketika konsumsi jenis makanan yang salah dan juga di waktu yang tidak tepat. Oleh karena itu, para ahli mengatakan bagaimana untuk menyiasati hal ini dan pada akhirnya memaksimalkan waktu yang telah dihabiskan untuk membuang energi tersebut?

Seperti yang dilansir republika.co.id dikutip dari CNA Lifestyle, tidak sedikit orang yang sudah menghabiskan waktu berjam-jam setiap harinya di pusat kebugaran atau gym, namun mereka tidak mendapatkan hasil yang diinginkan.

Mulai dari berat badan tetap tidak ideal, hingga bentuk tubuh yang terlihat tidak menarik. Para ahli mengatakan ada kemungkinan orang-orang yang sudah berolahraga, namun tidak mendapatkan hasil yang diinginkan adalah karena kebiasaan makan yang salah.

Berikut ini ada beberapa tips yang perlu disimak untuk memaksimalkan upaya Anda saat olahraga.

Jangan Lewatkan Sarapan
Menurut Verena Tan, spesialis dari produsen susu multinasional asal Belanda, Friesland Campina, melewatkan sarapan di pagi hari atau sebelum berolahraga juga membuat tubuh menyimpan lebih banyak lemak yang digunakan sebagai sumber energi.

Olahraga dengan intensitas tinggi membutuhkan bahan bakar, berupa karbohidrat yang tubuh konsumsi. Tanpa itu, Anda mungkin merasa telah berolahraga sangat keras, tetapi sebenarnya itu tidak demikian.

Ujar Tan dilansir republika.co.id yang dikutip dari CNA Lifestyle bahwa, “semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa berolahraga di pagi hari setelah puasa delapan hingga 12 jam semalam dapat menyebabkan 20 persen lebih banyak oksidasi lemak dan penurunan asupan energi untuk hari itu.”

Penuhi Karbohidrat
Kleiner mengatakan bahwa semakin tinggi intensitas dan durasi olahraga yang dilakukan, maka semakin banyak karbohidrat yang dibutuhkan. Tanpa itu, olahraga menjadi sia-sia karena tak akan memicu pembakaran apapun dalam tubuh.

Baca Juga: Protes Reklamasi Liar, Warga Luruk Kelurahan Banyuanyar Sampang

Ia juga menekankan bahwa kekurangan karbohidrat dapat mengacaukan kesehatan emosional. Makanlah sekitar 90 menit sebelum berolahraga secara intensif. Pastikan, jenis makanan yang dikonsumsi benar, seperti mengandung sebagian besar karbohidrat, protein, dengan sedikit lemak dan serat.

Anda bisa menjadikan yogurt dan buah sebagai cemilan, serta konsumsi semangkuk sereal dan susu, atau sandwich ayam atau dengan telur porsi kecil. Pastikan untuk tidak makan lebih dari 200 hingga 300 kalori setiap kalinya.

Minum Susu Cokelat Setelah Olahraga
Menurut Tan, susu cokelat memang sangat disarankan untuk diminum segera setelah berolahraga. Ia mengatakan bahwa susu ini terdiri dari sumber protein berkualitas tinggi, yang berarti mengandung semua asam amino esensial dan telah terbukti merangsang peningkatan kuat dalam sintesis protein otot.

Meski belum secara pasti, namun studi tentang meminum susu cokelat setelah berolahraga terus dilakukan. Karena itu, Anda tidak perlu memasak dada ayam atau susu protein untuk memenuhi kebutuhan makan setelah berolahraga.

Tan menjelaskan bahwa susu cokelat, yang rendah lemak terdiri dengan rasio karbohidrat dan protein yaitu 4: 1. Komposisi ini mirip dengan minuman yang ditawarkan untuk membantu pemulihan setelah olahraga.

Selain itu, makanan yang mengandung karbohidrat, protein, cairan, dan elektrolit juga akan membantu meningkatkan pemulihan setelah berolahraga. Termasuk di antaranya adalah smoothie buah, sandwich kaya protein.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.