oleh

3 Tujuan Pernikahan yang Dijelaskan dalam Alquran

PortalMadura.Com – Berbicara mengenai pernikahan memang tidak pernah ada habisnya. Karena ini menyangkut masa depan yang selalu menarik untuk diperbincangkan. Membangun sebuah rumah tangga tidak hanya sekadar menyatukan dua hati, namun pernikahan mempunyai arti lebih mendalam daripada itu.

Selain itu, tujuan dari pernikahan ini juga harus dipahami oleh semua orang. Dengan kata lain, pernikahan bukan suatu hal yang bisa disepelekan. Sebab, dalam ikatan yang sah ini ada tujuan pernikahan yang perlu dimengerti bagi siapa saja yang mau atau sudah menjalankannya.

Sayangnya, masih ada sebagian orang yang ketika ditanya tujuan menikah seringkali dijawab dengan pernyataan-pernyataan standar seperti menjalankan sunah Rasulullah, mencari rida Allah, dan lain-lain. Lantas, apa sebenarnya tujuan pernikahan menurut Alquran?.

Dilansir PortalMadura.Com, Jumat (20/9/2019) dari laman Okezone.com, setidaknya ada tiga tujuan pernikahan dalam Islam yang harus Anda catat. Tujuan pernikahan tersebut dijelaskan dalam sejumlah ayat suci Alquran. Berikut tiga tujuan tersebut:

Menjaga Keluarga dari Dahsyatnya Api Neraka

Ketika dua individu bersatu menjalin ikatan pernikahan, maka dengan bermodalkan takwa yang dirajut bersama, keluarga bisa bekerja sama dalam setiap kebaikan sehingga terhindar dari api neraka.

Maksudnya, sebuah keluarga yang memiliki keimanan dan ketakwaan bisa bersama-sama menyebarkan kebaikan pada orang lain, maka ia akan terhindar dari siksa neraka. Sebagaimana Allah mengingatkan dengan ayat di bawah ini:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”.

Membangun Generasi Beriman

Hampir setiap keluarga mengharapkan ingin membangun generasi yang beriman. Bahkan, tidak sedikit keluarga yang memprioritaskan harapan indah ini dalam kehidupan rumah tangga. Karena dengan berhasilnya Anda mencetak generasi yang beriman, maka peradaban Islam di dunia ini tidak akan punah.

Loading...

Tidak hanya itu, keluarga yang semacam ini sungguh luar biasa, mereka tidak mendesain keluarga yang bertujuan dunia saja, melainkan juga untuk kehidupan yang kekal nanti yaitu akhirat. Dalam QS At-Thur ayat 21 disebutkan tujuan pernikahan:

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِإِيمَانٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَا أَلَتْنَاهُمْ مِنْ عَمَلِهِمْ مِنْ شَيْءٍ ۚ كُلُّ امْرِئٍ بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ

Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya”.

Menjadi Pasangan dan Imam Bagi Orang-orang yang Bertakwa

Pernikahan berpotensi sekali dalam menciptakan insan takwa yang bernaung atas limpahan rahmatNya. Betapa indahnya keluarga yang selalu memperjuangkan nilai-nilai kebaikan bersama, dan mencetak generasi keturunan yang menenangkan hati.

Untaian doa dalam Alquran ini sangat mencerminkan keluarga yang diimpikan sejuta umat. Termaktub dalam QS Al-Furqan ayat 74:

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa“.

Demikian yang dijelaskan mahasiswi S2 UIN Jakarta, alumnus Unhasy dan Pondok Pesantren Putri Walisongo Jombang, Silmi Adawiya, sebagaimana dilansir dari Tebuireng Online.

Intinya, tujuan dari pernikahan itu adalah menjadi keluarga yang bisa bekerja sama dalam setiap kebaikan dengan bermodalkan ketakwaan demi membangun generasi yang beriman.

Baca Juga : Inilah 5 Tujuan Utama Berumah Tangga dalam Islam

Keluarga yang seperti ini tentu lebih mementingkan kehidupan akhiratnya daripada urusan dunia yang hanya sementara. Apabila tujuan dari pernikahan itu terwujud, maka kemungkinan besar ia akan terhindar dari api neraka. Wallahu A’lam.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : okezone.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar