oleh

337 Polisi Amankan Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Sedikitnya 337 personel petugas kepolisian mengamankan pelaksanaan rekapitulasi tingkat kabupaten hasil Pilkada Sumenep 2020.

Rekapitulasi berlangsung di salah satu hotel, Jl. Trunojoyo, Sumenep, sejak hari ini, Rabu (16/12/2020) dan ditarget selesai, besok Kamis (17/12/2020).

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

“Anggota diploting di tempat rekapitulasi, kantor KPU, Bawaslu dan rumah pasangan calon,” terang Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti S.

Selain itu, ada yang bertugas mobile (patroli) untuk memantau situasi dan kondisi wilayah kota dan sekitarnya. “Kami pastikan rekap berjalan aman dan lancar,” katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep melaksanakan rekapitulasi suara tingkat kabupaten hasil Pilkada Sumenep 2020.

Dijadwalkan, rekapitulasi yang dimulai hari ini, Rabu (16/12/2020) akan tuntas besok, Kamis (17/12/2020). Namun, satu kecamatan harus dilakukan virtual.

“Logistik Pilkada dari Kecamatan Sapeken tidak bisa dikirim ke KPU karena terkendala kapal,” terang Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi.

Dari 27 kecamatan di Sumenep, logistik pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep untuk Kecamatan Sapeken terkendala pengiriman. Sedangkan tahapan untuk rekapitulasi harus tuntas 17 Desember.

Ia menyampaikan, pihaknya sempat berkoordinasi dengan Polda Jatim untuk menyewa helikopter guna mengangkut logistik tersebut. “Namun, helikopter itu sudah ke Jakarta,” terangnya.

Kendati demikian, kata dia, data hasil Pilkada untuk Kecamatan Sapeken melalui Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) sudah masuk 100 persen.

“Kami nanti akan lakukan rekapitulasi secara virtual dari PPK Sapeken. Tentunya, di sana akan ada saksi dua paslon dan pihak pengawas,” pungkasnya.(*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar