oleh

Survei Lokasi, Mahasiswa Unija Sumenep Akan Alirkan Air Bersih di Desa Jangkong

PortalMadura.Com, Sumenep – Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Wiraraja (Unija) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melakukan survei di Desa Jengkong, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep, Kamis (19/11/2015).

Mereka didampingi langsung oleh Dekan Fakultas Teknik, Dwi Deshariyanto. “Kami survei kesalah satu sumur warga yang airnya cukup untuk memenuhi kebutuhan warga disana. Tapi, belum dimanfaatkan dengan baik,” kata Dwi Deshariyanto pada PortalMadura.Com via telepon.

Kolaborasi antara dosen dan mahasiswa itu, dalam usaha mengalirkan air bersih yang dapat dimanfaatkan oleh 100 kepala keluarga (KK). “Jadi, survei itu sebagai dasar dalam perencanaan program. Kegiatan ini ditargetkan selesai bulan Desember 2015. Artinya, air bersih itu sudah sampai pada satu titik yang dapat dialirkan ke rumah-rumah warga,” terangnya.

Ia menjelaskan, jarak dari titik sumber air ke titik awal agar air tersebut dapat dialirkan ke rumah-rumah warga kisaran 500 meter. “Tinggal pengadaan pipa air. Ini yang akan kami garap bersama mahasiswa. Kalau mesinnya sudah ada,” katanya.
Diharapkan, dengan kegiatan tersebut warga yang kekurangan air bersih pada musim kemarau panjang dapat teratasi secara bertahap. “Dan kegiatan serupa juga akan dilakukan ditempat-tempat lain sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tandasnya.(Hartono)



Komentar