4 Alasan Banyak Umat Islam yang Tak Kerjakan Salat Tahajud

Avatar of PortalMadura.com
4 Alasan Banyak Umat Islam yang Tak Kerjakan Salat Tahajud
ilustrasi

PortalMadura.Com – Tahajud merupakan salat sunah yang dikerjakan setiap sepertiga malam. Amalan mulia ini selalu dikerjakan Rasulullah dan para sahabatnya. Bahkan, bagi Rasulullah dijadikan sebagai sebuah kewajiban yang tidak pernah ditinggalkannya.

Begitu pentingnya salat sunah ini, sehingga kaki Rasulullah bengkak karena lamanya berdiri menegakkan salat Tahajud hingga Subuh. Rasulullah yang sudah terjamin tempat di surga saja masih melaksanakan salat Tahajud, namun mengapa Anda sebagai kaum muslimin masih banyak yang bermalas-malasan, bahkan tidak pernah menunaikannya?.

Berikut empat alasan mengapa masih banyak umat Islam sulit mengerjakan salat Tahajud, poin terakhir sangat mengerikan:

Sulit Bangun
Salat Tahajud dilaksanakan pada sepertiga malam. Banyak orang yang sudah dalam kondisi terlelap pada waktu tersebut, hingga melewatkan waktu salat Tahajud, dan baru terbangun di saat Subuh.

Malas
Ada juga yang terbangun ketika sepertiga malam entah karena apa. Namun, mereka merasa malas untuk sekadar beranjak dari kasur dan memilih untuk merubah posisi dan kembali tidur.

Hal ini bisa juga terjadi karena pemahaman tentang salat Tahajud masih minim. Tidak tahu manfaat tentang salat sunah ini sehingga timbullah rasa malas tersebut.

Kelelahan Mengejar Dunia
Seseorang yang hanya ada dunia di hatinya, akan terluput dari mengejar pahala akhirat. Mereka akan lebih mementingkan kehidupan duniawi yang jelas-jelas menguntungkan daripada melaksanakan ibadah untuk hari akhirat yang tidak terlihat hasilnya saat ini juga. Oleh karena itu, jangan sampai hal ini menjadi alasan Anda untuk tidak mengerjakan salat Tahajud.

Allah tidak Ingin Anda Menemui-Nya
Pernahkah Anda tidak ingin bertemu dengan seseorang?. Entah karena membencinya, tidak suka melihat kehadirannya, atau alasan lainnya yang berkonotasi negatif. Astaghfirullahal'adzim, jangan-jangan Anda berat sekali melaksanakan salat Tahajud karena Allah tidak mau Anda menjumpai-Nya, sehingga Allah membiarkan Anda terlelap dalam tidur panjang.

Umat Islam, sungguh ini adalah alasan yang paling mengerikan di antara semua alasan yang ada. Akan tetapi, jika Anda bertaubat dan memohon ampunan-Nya, ketahuilah bahwa rahmat dan pengampunan Allah lebih besar dari dosa-dosa Andasekalipun memenuhi seisi bumi.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa jika Anda melaksanakan salat Tahajud akan mendapat keberkahan yang luar biasa, di antaranya adalah Allah akan mengangkat hamba-Nya yang mengerjakan salat sunah ini ke tempat yang terpuji, termasuk golongan yang paling takut pada Allah dan mengharapkan rahmat-Nya.

Selanjutnya, pada waktu salat Tahajud tersebut merupakan waktu doa dikabulkan dan dosa diampuni Allah. Maka dari itu, semoga Allah SWT memudahkan Anda untuk membiasakan mengerjakan salat sunah yang satu ini di sepertiga malam terakhir. Wallahu A'lam. (ummi-online.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.