oleh

4 Cara Aman Bersihkan Mesin Mobil

PortalMadura.Com – Mesin merupakan salah satu bagian paling penting dari mobil. Oleh karena itu, bagian ini harus dirawat dengan baik. Meskipun kadangkala mesin lupa dibersihkan saat pemilik mencuci mobil.

Membersihkan bagian mesin berbeda dengan bodi atau kabin mobil. Harus ekstra hati-hati karena tidak boleh sembarangan. Diperlukan beberapa hal dalam mencuci mesin mobil agar tidak cepat rusak. Lantas bagaimana cara membersihkan mesin mobil?

Berikut ini penjelasannya:

Lakukan Persiapan
Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan menjaga keadaan mesin mobil dalam kondisi hangat. Jika memang mesin mobil masih dingin, ada baiknya Anda memanasinya terlebih dahulu.

Mesin mobil yang hangat, dapat mempermudah pelepasan kerak pada mesin, sehingga acara bersih-bersih pun menjadi lebih mudah dilakukan.

Gunakan Plastik Untuk Membungkus Bagian Mesin yang Bersifat Elektrik
Setelah mobil dipanaskan, ada baiknya Anda menggunakan alumunium foil ataupun benda lain untuk membungkus perangkat elektrik pada mesin.

Hal ini dilakukan supaya perangkat elektrik tersebut tidak kemasukan air ketika proses pencucian tengah berlangsung.

Proses Mencuci Mesin
Setelah proses diatas selesai dilakukan, Anda bisa bersiap dalam memulai pencucian. Bagian pertama yang sebaiknya dibersihkan yaitu pada kap mobil di bagian bawah. Gunakan air untuk melakukan penyemprotan. Namun, ingat sebaiknya hindari menggunakan air dengan tekanan tinggi.

Dalam membersihkan bagian kap mobil bawah, Anda bisa menggunakan sabun colek. Bukan tanpa alasan, namun jenis sabun ini merupakan sabun yang dapat membuat lemak serta oli larut dan menghilang.

Jangan lupa gunakan juga sikat yang agak kasar untuk menggosok kotoran yang menempel. Lanjutkan dengan menyiram kap dengan air bersih.

Hal penting yang harus Anda perhatikan yaitu tidak meninggalkan air sabun kering dengan sendirinya. Karena jika dilakukan, air sabun tersebut akan menimbulkan bekas pada mobil anda.

Cara Mencuci Mesin Mobil
Proses yang selanjutnya yaitu dengan membersihkan bagian mesin mobil. Gunakan air bersih untuk menyiram bagian mesinnya. Ingat untuk tidak menggunakan air bertekanan tinggi, karena dapat menimbulkan kerusakan pada mesin. Cukup gunakan selang air atau bisa pula memanfaatkan botol spray dalam menyemprot.

Untuk membersihkan kotoran mobil yang menempel, Anda bisa menggunakan spon atau kuas. Jika ada kerak oli, Anda bisa melarutkannya dengan cairan khusus yang kini telah banyak di jual di pasaran.

Berbeda saat membersihkan bagian mobil yang lain, membersihkan mesin harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian supaya tidak menimbulkan kerusakan mesin yang fatal. (liputan6.com/Desy)


Komentar