oleh

4 Cara Basmi Tungau di Kasur dengan Manfaatkan Bahan Alami

PortalMadura.Com – Tungau merupakan salah satu jenis serangga yang suka bersarang di kasur. Kutu kecil ini tidak kasat mata dan biasanya tinggal di lipatan-lipatan kasur, sehingga tentu susah untuk mengusirnya.

Jenis serangga yang satu ini sukanya menggigit beberapa bagian tubuh tertentu, seperti pergelangan kaki, lengan atau bahu. Hal ini pun terkadang tidak Anda sadari, tiba-tiba sudah muncul bekas gigitan kemerahan atau ruam.

Nah, sebenarnya untuk menghilangkan tungau ini terbilang mudah, cukup dengan rutin membersihkan kasur Anda dengan vacuum, bisa juga dengan menyemprotkan pestisida. Akan tetapi, bila Anda tidak memiliki keduanya, Anda bisa menggunakan bahan alami untuk menyingkirkannya. Apa saja?.

Berikut empat cara mengusir tungau di kasur dengan memanfaatkan bahan alami, seperti dilansir Liputan6.com yang mengutip dari Bold Sky:

Tea Tree Oil

Bahan alami yang pertama untuk mengusir tungau, yaitu tea tree oil. Caranya, campurkan 20 tetes tea tree oil dengan 200 ml air. Setelah itu, Anda dapat menyemprotkan larutan alami ini ke kasur Anda yang dihuni oleh tungau. Bahkan, bahan alami ini tidak hanya sekadar membunuh tungau, bau dari tea tree oil juga dapat menyamarkan bau manusia yang biasanya menjadi sasaran tungau.

Baking Soda

Kegunaan baking soda tidak hanya untuk membuat kue saja, namun juga ampuh untuk membunuh serangga ordo Archarina ini. Caranya, Anda hanya perlu mengambil baking soda dari dapur, kemudian taburkan ke seluruh sisi kasur Anda. Anda bisa menaburkannya setiap hari atau beberapa hari sekali.

Bahan alami ini dapat membunuh kutu kasur dengan menyerap kadar air di kulit mereka sehingga menyebabkan dehidrasi kemudian mati.

Baca Juga: 4 Cara Jitu Cegah Kamar dari Serbuan Tungau

Cuka

Bau cuka yang kuat dipercaya dapat membuat tungau-tungau terbang dan tidak kembali lagi. Cara memanfaatkannya, Anda bisa melumuri cuka pada sisi-sisi kasur atau area yang menurut Anda terdapat sarang kutu. Lakukan cara ini selama seminggu, jika dirasa masih kurang maksimal Anda bisa mengulanginya lagi.

Daun Lavender

Daun lavender memiliki aroma yang menyengat sehingga bisa membuat tungau terganggu dan pergi. Serangga berkaki delapan ini memang tidak menyukai bau-bau yang menyengat. Untuk itu, Jika Anda ingin menggunakan bahan alami ini, Anda bisa meletakkan daun lavender kering di sekeliling kasur dengan menjahitnya ke dalam sprei atau kain lainnya. Selamat mencoba!

Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar