oleh

4 Cara Bersihkan Lensa Kamera Ponsel Agar Hasil Foto Tetap Maksimal

PortalMadura.Com – Para vendor ponsel di zaman sekarang ini terus berlomba-lomba untuk semakin meningkatkan sensor lensa kameranya. Beberapa smartphone saat ini memang sudah ada yang memiliki kamera dengan sensor 64 MP hingga 108 MP. Hal ini bertujuan untuk kian membuat para konsumen tertarik.

Dengan kamera handphone yang telah mampu menghasilkan gambar-gambar mumpuni, tentu pengguna harus mengetahui cara membersihkan lensa kamera ponselnya agar tetap memberikan hasil foto yang maksimal. Sebab, sebagus apa pun performa kamera, kebersihan lensa juga turut memengaruhi kualitas gambar.

Terutama noda minyak atau debu pada lensa, bisa membuat hasil foto tampak kabur dan tidak jernih. Debu dan noda pada kamera juga turut berpengaruh saat Anda melakukan panggilan video yang menjadi normal baru (new normal) di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Baca Juga: 5 Tindakan yang Bisa Dilakukan Agar Foto di Ponsel Tetap Fokus

Untuk itu, berikut ini empat cara membersihkan lensa kamera ponsel agar hasil foto tetap maksimal, melansir dari laman CNNIndonesia.com, Ahad (14/6/2020):

Jangan Gunakan Tisu

Pengguna sebisa mungkin jangan menggunakan tisu untuk membersihkan lensa kamera. Tisu memiliki permukaan yang cukup kasar dan bisa membuat lensa lecet.

Gunakan Lap Microfiber

Ketika membersihkan lensa kamera, disarankan menggunakan lap microfiber untuk meminimalisir gesekan kasar ke lensa kamera. Sebab, gesekan keras bisa mengakibatkan lecet pada lensa yang membuat hasil foto tidak jernih, seperti ditulis Android Central.

Gunakan Cairan Pembersih Lensa

Cairan pembersih lensa bisa ditambahkan pada lap microfiber. Cairan ini bisa membantu menghilangkan noda yang membandel. Melansir Phonebox, cairan pembersih khusus lensa memiliki zat-zat kimia yang tidak merusak lensa.

Selain dapat membantu menghilangkan noda membandel, cairan pembersih lensa juga dapat memuluskan gesekan antara lap dengan lensa kamera untuk mencegah lecet pada lensa. Beberapa cairan pembersih lensa juga dibekali dengan zat anti bakteri.

Maka dari itu, disarankan agar cairan pembersih disemprotkan ke lap, bukan langsung ke lensa. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan cairan menyelip masuk ke sensor kamera di balik lensa.

Gunakan Cotton Bud atau Blower untuk Bersihkan Debu

Cotton bud atau peniup udara (blower) untuk kasur angin juga bisa digunakan untuk menghilangkan debu yang ‘bersembunyi’ di sudut-sudut kamera yang tidak terjangkau lap, seperti dilansir Popular Science.

Selain itu, sikat halus yang disediakan saat menggunakan alat pembersih layar juga bisa digunakan untuk menghilangkan debu di sudut-sudut kamera.

Rewriter : Salimah
Sumber : cnnindonesia.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar