4 Cara Cepat Sembuh Setelah Operasi Caesar

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com – Pada umumnya setiap ibu hamil ingin melahirkan secara normal. Namun apa daya, jika tidak ada pilihan lain atau keadaan memaksa untuk melahirkan secara caesar hanya demi keselamatan ibu dan mayi maka hal itu harus dilakukan.

Perlu Anda ketahui bahwa rasa sakit melahirkan secara caesar tidak sama layaknya lahir normal. Rasa sakit itu baru akan muncul ketika operasi selesai, di mana pengaruh obat yang lama-kelamaan menghilang.

Normalnya, Anda akan pulang dari rumah sakit empat hari setelah dan kondisi Anda akan pulih sepenuhnya dalam jangka waktu enam minggu. Namun, kondisi ini akan tercapai jika Anda merawat tubuh Anda dengan benar.

Lantas, bagaimana caranya?. Berikut ini tips untuk mempercepat pemulihan tubuh Anda setelah operasi caesar:

Istirahat yang Secukupnya
Operasi caesar sama seperti operasi lainnya di mana tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup setelah dilakukan operasi. Mungkin ini sulit ketika Anda ingin sepenuhnya memberi perhatian untuk bayi Anda. Untuk mencegah Anda mengalami kelelahan, sebaiknya Anda juga ikut istirahat di saat bayi sedang istirahat.

Beberapa hari setelah melahirkan, mungkin Anda memerlukan bantuan orang lain untuk membantu mengurus bayi Anda sehingga Anda juga tidak terlalu lelah. Namun ini bukan berarti Anda hanya berdiam saja di tempat tidur. Lakukan aktivitas sesegera mungkin semampu yang Anda bisa untuk mempercepat pemulihan.

Perhatikan Tubuh Anda
Tubuh Anda butuh perhatian yang lebih karena ia baru saja mengalami sebuah operasi. Anda disarankan untuk tidak dulu mengangkat beban berat dan menaiki tangga, sebaiknya tempatkan semua kebutuhan dekat dengan Anda sehingga lebih mudah menjangkaunya.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari melakukan hubungan seksual dan menempatkan sesuatu pada vagina selama beberapa minggu untuk mencegah infeksi. Yang juga harus dilakukan oleh Anda adalah banyak bergerak, semakin banyak bergerak, Anda akan semakin cepat pulih. Banyak bergerak juga dapat membantu mencegah sembelit dan pembekuan darah. Dengan berjalan saja sudah cukup membuat tubuh Anda cukup bergerak.

Saran-saran di atas sebaiknya Anda lakukan sampai 6 minggu setelah operasi caesar karena setelah 6 minggu biasanya tubuh Anda akan pulih dan sudah bisa menjalankan aktivitas dengan normal.

Perhatikan Nutrisi yang Masuk ke dalam Tubuh Anda
Nutrisi baik penting untuk Anda setelah melahirkan. Selain untuk mempercepat pemulihan, nutrisi yang sehat juga diperlukan karena Anda menyusui bayi Anda. Makan berbagai jenis makanan dapat membantu Anda memenuhi berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan bayi Anda sehingga juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda.

Jangan lupa untuk banyak minum dan makan makanan yang berserat tinggi, ini berguna untuk mencegah sembelit karena biasanya Anda akan mengalami kesulitan buang air besar setelah operasi.

Rawat Bekas Jahitan Anda dengan Baik
Jahitan akan dilepas beberapa hari setelah operasi caesar. Namun, Anda tetap harus merawatnya karena luka bekas jahitan belum mengering sehingga jika tidak dirawat dengan baik dapat menimbulkan infeksi. Perhatikan luka bekas jahitan Anda setiap hari, apakah terdapat tanda-tanda infeksi, seperti rasa nyeri atau warna kemerahan pada luka. Segera beritahukan dokter Anda bila hal ini terjadi.

Jika luka Anda masih ditutupi dengan perban, ganti perban setiap hari dan jaga luka agar tetap bersih dan kering. Dalam waktu 6 minggu, luka bekas jahitan akan mulai menyusut dan berubah warna seperti warna kulit Anda kembali, mungkin Anda akan merasakan sedikit gatal ketika luka akan sembuh. (hellosehat.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.