4 Cara Cerdas Jaga Keamanan Anak di Internet

Rewriter: Desy WulandariRujukan: liputan6.com
4 Cara Cerdas Jaga Keamanan Anak di Internet
Ilustrasi (Republika)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Dirumah, orang tua merupakan rool model bagi anak. Oleh karena itu, memberikan contoh yang baik, pengetahuan yang baik, kasih sayang serta kebersamaan menjadi hal yang utama untuk membentuk kepribadian anak.

Dunia maya saat ini sudah menjadi hiburan yang bisa diakses siapa saja, termasuk anak-anak. Oleh karena itu, orang tua harus berperan aktif untuk menjaga keamanan anak saat berselancar di internet. Lantas bagaimana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Kaspersky, berikut ini penjelasannya:

Ikut Serta

Melibatkan diri dalam aktivitas online anak sejak dini, sehingga ke depannya dapat diterapkan menjadi kebiasaan yang tepat.

Selain itu, orang tua juga bisa menyelami lebih dalam minat dan hobi anak-anak. Hal ini selain mengamankan anak-anak di internet juga bisa membantu menjaga hubungan yang kuat dan memilih hadiah paling menarik bagi mereka.

Baca Juga:  Pilih Portable Speaker yang Punya 4 Keunggulan Ini, Apa saja?

Terapkan Aturan

Orang tua perlu menerapkan aturan yang jelas tentang apa yang anak-anak bisa dan tidak bisa lakukan secara online.

Jelaskan pula ke anak-anak mengapa aturan itu diberlakukan. Ingat, aturan-aturan ini perlu ditinjau terus seiring bertambahnya usia anak.

Kebersamaan

Orang tua perlu berselancar dan belajar bersama. Dalam hal ini, orang tua bisa melihat di mana anak-anak mereka menghabiskan waktu saat online dan jelajahi cara terbaik untuk menjaga agar anak-anak tetap aman di dunia maya.

Aplikasi Kontrol Orang Tua

Internet bukan lagi hal asing di kalangan anak-anak. Untuk itu, orang tua mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengunduh aplikasi kontrol orang tua.

Keberadaan aplikasi kontrol orang tua terhadap konten yang diakses anak tentu perlu didiskusikan dengan anak-anak mereka.

Baca Juga:  Pilih Portable Speaker yang Punya 4 Keunggulan Ini, Apa saja?

Tujuannya yaitu untuk menjelaskan cara kerja aplikasi kontrol tersebut dan mengapa anak-anak perlu dikontrol agar tetap aman saat menjelajahi dunia maya.

 


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.