4 Cara Ini Bisa Bantu Hadapi Anak yang ‘Picky Eater’

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Ini Bisa Bantu Hadapi Anak yang Picky Eater
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki anak yang terlalu rewel soal makanan atau disebut juga dengan picky eater memang cukup sulit ditangani. Biasanya, tipe anak ini suka memilih-milih makanan sehingga menyulitkan orang tua untuk memberikan makanan yang bergizi dan bernutrisi seimbang.

Padahal, agar tumbuh kembang anak berjalan maksimal, orang tua harus memberinya makanan yang mempunyai nilai gizi seimbang. Nah, agar anak tidak selalu pemilih, maka Anda perlu mencari cara untuk mengatasinya.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Selengkapnya, langsung saja simak tipsnya berikut ini:

Makan Bersama di Satu Meja

Dilansir dari Fimela.com, yang dikutip dari momscove.com, cara pertama yang bisa dicoba untuk menghadapi picky eater adalah dengan mengajaknya makan bersama.

Anda bisa melakukannya saat di satu meja dan makan di waktu yang sama. Dengan cara ini, anak bisa terdorong untuk mencoba makanan yang tadinya tidak dia sukai setelah melihat Anda menikmatinya dengan lahap. Anak bisa meniru orang dewasa dengan mudah.

Tindakan ini sekaligus juga bisa langsung memberi contoh untuk makan sehat pada anak agar ia mau ikut makan yang sama.

Memberi Reaksi Positif pada Makanan yang Dikonsumsi

Memainkan sedikit drama untuk bisa menarik minat anak agar mau makan juga perlu Anda lakukan. Misalnya, saat makan, Anda bisa memberi reaksi positif seperti, “Wah, ini enak sekali!” dan kalimat menarik semacamnya.

Tahukah Anda, reaksi positif yang Anda tampilkan itu bisa membuat anak penasaran dan ingin ikut mencoba makanan yang Anda santap. Ketika anak mulai mau mencoba brokoli yang tadinya sangat ia benci atau makanan lain, Anda perlu memberi reaksi positif dan pujian juga untuknya. Hal ini sebagai bentuk apresiasi atas usahanya.

Menikmati Makanan Sambil Piknik

Kadang, ada saat di mana anak mulai bosan dengan suasana yang ada sehingga butuh suasana mendukung untuk membuatnya merasa nyaman dengan makanan yang disajikan. Apalagi, dengan makanan yang sebelumnya tidak ia sukai.

Contohnya, Anda bisa menjadwalkan kegiatan seru seperti pergi piknik ke taman terdekat sambil membawa bekal. Dengan suasana yang berbeda dan suasana hati yang lebih menyenangkan, anak-anak mungkin tidak akan terlalu rewel lagi saat menikmati bekal yang dibawa.

Libatkan Anak pada Pemilihan Bahan Makanan

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa mengajak anak untuk ikut pergi berbelanja bahan-bahan makanan atau bahkan memasak bersama. Ketika anak dilibatkan dalam proses pembuatan makanan yang akan dimakan, anak akan lebih semangat untuk menikmati makanan tanpa pilih-pilih lagi.

Baca Juga : Coba 5 Langkah Ini Saat Anak Susah untuk Makan

Mencoba langsung cara-cara yang telah disebutkan di atas mungkin tidak akan semudah teorinya. Tapi tidak ada salahnya dicoba, siapa tahu di antara cara tersebut ada yang manjur dan membuat anak tidak lagi rewel soal makanan. Selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.