Coba 5 Langkah Ini Saat Anak Susah untuk Makan

Avatar of PortalMadura.com
Coba 5 Langkah Ini Saat Anak Susah untuk Makan
Ilustrasi (pondokibu.com)

PortalMadura.Com – Saat anak susah untuk makan, pasti membuat orang tua merasa khawatir. Karena, anak yang tidak mendapat asupan nutrisi dengan cukup kemungkinan akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Bahkan, bisa berisiko mengalami masalah kesehatan.

Jadi, orang tua perlu pintar-pintar mengakalinya bagaimana cara membuat anak tidak lagi susah makan atau pilih-pilih makanan. Misalnya dengan cara merayu atau membujuknya hingga anak merasa terdorong untuk makan makanan yang telah Anda sediakan.

Apabila hal tersebut tidak cukup membantu, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara lain yang mungkin bisa Anda coba lakukan agar anak mudah makan. Bagaimanakah?.

Dilansir dari Fimela.com, yang dikutip dari laman parenting.com, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Ciptakan Suasana Makan Menyenangkan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menciptakan suasana menyenangkan saat anak makan. Jadi, jangan sampai aktivitas makan anak dijadikan sebagai ajang pertengkaran, memarahi anak, apalagi memaksanya makan karena ia begitu susah makan. Sebab, memaksa anak untuk makan justru akan membuatnya trauma dan semakin sulit makan. Ketika hal itu yang terjadi, Anda akan lebih sulit mengontrol pola makannya.

Izinkan Anak Memilih Makanannya Sendiri

Memberi izin anak untuk memilih makanannya sendiri menjadi salah satu cara yang tepat. Dengan begitu, ia lebih leluasa memilih makanan yang ia sukai. Salah satu caranya yaitu, Anda bisa mengajak anak belanja dan membeli makanan bersama anak. Anak yang memilih makanannya sendiri akan merasa lebih senang dan semangat memenuhi kebutuhan nutrisi serta gizinya.

Ganti Menu Setiap Harinya

Tidak hanya orang tua yang merasa enggan dengan makanan yang biasa dimakan setiap hari, anak Anda pun juga bisa mengalaminya. Jadi, memberi anak makanan yang sama setiap harinya pasti membuatnya merasa cepat bosan.

Gantilah menu makanan anak Anda semenarik mungkin atau yang sekiranya membuat anak merasa tertarik. Namun, tetap memerhatikan nilai gizinya yaitu cukupi makanan yang mengandung protein, vitamin, karbohidrat dan nutrisi lainnya.

Biarkan Anak Makan Sendiri

Selain memilih makanan yang ia suka, Anda juga bisa membiarkan anak makan sendiri. Hal ini tidak hanya membantunya lebih lahap saat makan, tapi juga melatih kemandiriannya dan meningkatkan kreativitasnya.

Perlu Anda ketahui, anak yang makan sendiri juga belajar bagaimana makan dengan cara yang lebih aman dan menyenangkan buatnya. Walaupun cara makannya itu terlihat berantakan, Anda jangan langsung memarahinya. Ikuti saja dulu, sesuai kemampuannya.

Beri Anak Multivitamin Bila Perlu

Memberi anak multivitamin atau penambah nafsu makan anak juga bisa dilakukan selama itu memang benar-benar diperlukan. Memberikan anak multivitamin atau penambah nafsu makan setidaknya akan membantu anak memenuhi kebutuhan nutrisi serta vitamin dalam tubuhnya dengan lebih baik lagi.

Baca Juga : 6 Alasan Anak Susah Makan

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak lebih nafsu makan. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, jika ingin anak lebih lahap saat makan, pastikan untuk memberikan contoh kebiasaan makan yang baik padanya. Sejauh ini banyak penelitian yang menyebutkan jika apa yang anak lakukan tergantung pada kebiasaan orang tua. Semoga informasi ini bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.