4 Cara Memasak Nasi Goreng agar Tak Terlalu Berminyak

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Memasak Nasi Goreng agar Tak Terlalu Berminyak
Ilustrasi (IDN Times)

PortalMadura.Com menjadi menu masakan yang sudah tidak asing lagi didengar. Makanan ini menjadi idola banyak orang karena rasanya yang enak dan cara membuatnya yang terbilang mudah. Tidak heran jika sebagian orang memilih bikin sendiri di rumah.

Walaupun sudah menjadi andalan sepanjang waktu, bukan berarti tidak ada tips tertentu yang membuat nasi goreng menjadi lebih nikmat. Hal penting yang perlu diketahui oleh pembuatnya yaitu bagaimana caranya agar kuliner ini dimasak dengan tidak terlau banyak minyak.

Karena, apabila ada banyak minyak yang tersisa di nasi goreng biasanya rasanya akan lebih lembek dan kurang nyaman. Lantas, bagaimana cara bikin nasi goreng jadi tidak terlalu berminyak?.

Dilansir Liputan6.com yang dikutip dari Fimela.com, ini dia cara membuat nasi goreng agar tidak berminyak:

Pakai Wajan dari Besi yang Tebal

Salah satu langkah membuat nasi goreng agar tidak banyak minyak yaitu dengan menggunakan wajan dari besi yang tebal. Karena, dengan memakai wajan tersebut bisa membuat nasi goreng matang merata dan tidak akan mudah menggumpal.

Selain itu, minyak yang digunakan juga bisa tercampur lebih rata dan memudahkan Anda membuat takaran minyak yang pas dalam pembuatannya.

Tambahkan Bahan-bahan yang Teksturnya Kering

Apabila Anda ingin memasukkan beberapa sayuran ke nasi goreng, pastikan sudah benar-benar tiris. Selain sayur, daging dan sosis yang digunakan juga sebaiknya tidak terlalu basah atau berminyak.

Jika menggunakan telur, Anda bisa memasukkannya setelah bumbu ditumis agar serapan minyak bisa lebih sempurna.

Gunakan Api Besar

Saat memasak, Anda disarankan untuk menggunakan api yang besar agar cepat matang. Dengan kata lain, nasi goreng bisa cepat matang dengan tekstur yang pas saat Anda menggunakan api cenderung besar.

Baca Juga : Cara Memasak Nasi Goreng Agar Tak Menggumpal

Namun, jika Anda khawatir nasi akan cepat gosong, Anda bisa memanaskan wajan terlebih dahulu baru menumis bumbu nasi goreng yang telah Anda siapkan.

Pakai Mentega

Selain menggunakan minyak sayur, Anda bisa mengganti dengan mentega untuk menumis bumbu nasi goreng. Pasalnya, penggunaan mentega bisa membantu mencegah nasi goreng jadi terlalu berminyak. Hanya saja, rasanya memang akan lebih gurih dan agak pekat bila menggunakan mentega.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.