4 Cara Mendidik Anak Berkelakuan Buruk

Avatar of PortalMadura.Com
4 Cara Mendidik Anak Berkelakuan Buruk
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mendidik anak tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi mempunyai anak yang berperilaku buruk. Tentunya menjadi tantangan besar bagi orang tua.

Anak dengan kelakukan tidak terduga bukan hal yang baru. Karena sifat dan perilaku anak yang berbeda-beda. Sehingga, orang tua perlu tahu cara yang tepat menangani anak yang berperilaku buruk. Lantas bagaimana caranya?

Berikut ini caranya:

Sabar dan Pengertian
Moms harus tahu bagaimana cara mengendalikan emosi, terutama menunjukkan sikap sabar dan pengertian. Menghadapi anak tidak perlu dengan amarah. Bersikaplah lembut namun tegas. Tanya baik-baik sambil menatap matanya. Kontak mata diperlukan agar anak tahu apa yang dimaksud ibunya.

Tidak Perlu Memikirkan Kata Orang
Seringkali ibu malu dengan kelakuan anak yang buruk di depan umum. Tentunya ini tidak bisa dihindari, karena setiap orang bisa menghakimi dengan buruk kapan saja. Namun perlu ditekankan bahwa mindset malu seharusnya tidak mendominasi karena menenangkan anak harusnya menjadi prioritas. Peluk anak dan pegang tangannya untuk memberikan penjelasan.

Jangan Membentak dan Meremehkan Anak
Hindari sebisa mungkin membentak anak, apalagi di depan umum. Jangan pula mengatakan kata-kata tidak pantas didengar kepada anak. Bukan hanya bisa menyakiti hati anak tapi bisa membuatnya trauma dan tidak memercayai ibunya sendiri.

Beri Contoh Baik
Anak akan meniru apa yang dilakukan orangtuanya, dan jika Moms memberikan contoh perilaku yang baik, anak akan meniru apa yang biasa ia lihat. Jadi jangan lelah memberi teladan yang baik, Moms.

Orangtua memang sebaiknya bisa memahami maksud anak dan apa yang diinginkannya. Komunikasi harus dilakukan agar tidak ada kesalahpahaman antara ibu dan anak, dan anak tidak perlu menunjukkan perilaku buruk ya Moms. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.