4 Cara Menghentikan Anak yang Sering Menggigit Kuku

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Menghentikan Anak yang Sering Menggigit Kuku
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebiasaan anak menggigit kuku bisa jadi salah satu sumber kekhawatiran orang tua. Belum lagi jika kuku anak jarang dibersihkan, tentu saja orang tua cemas anak sakit karena suka menggigit kuku. Lebih daripada itu, bila kuku yang digigit terlepas dan tertelan, bisa menyebabkan anak tersedak.

Anak-anak menggigit kukunya karena berbagai alasan. Sebagian besar alasannya justru bukan hal yang disengaja, seperti kemampuan berbahasa yang masih kurang, penasaran ingin mencoba sesuatu yang baru dengan giginya, kecapekan, sedang tumbuh gigi, hingga karena sedang merasa sakit.

Orang tua perlu lebih sabar dalam memahami hal tersebut sehingga bisa menggunakan cara yang lebih tepat dalam menghentikan kebiasaan anak menggigit kuku. Melansir dari fimela.com dikutip oleh wowparenting.com, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku pada anak. Berikut cara-cara yang bisa dicoba.

Alihkan Perhatian Anak dengan Buku atau Mainan
Orang tua bisa mengalihkan perhatian anak dari kebiasaan menggigit kuku. Beri buku atau mainan yang bisa membuat anak sibuk. Dengan kesibukan melakukan sebuah aktivitas, anak bisa dibuat lupa dengan keinginannya menggigit kuku.

Beri Perhatian yang Cukup pada Anak
Anak mungkin merasa kurang diperhatikan sehingga ia mengalihkannya ke kebiasaan menggigit kuku. Beri perhatian yang cukup pada anak agar ia bisa lupa dengan kebiasaan menggigit kuku. Apalagi bila anak baru mengalami sesuatu atau perubahan besar dalam hidupnya, kita perlu meluangkan lebih banyak waktu untuk mendampinginya.

Jelaskan dampak Negatif Menggigit Kuku
Anak perlu diberi penjelasan kenapa kebiasaan menggigit kuku itu buruk. Misalnya, kemungkinan adanya kuman yang bisa masuk ke dalam tubuh dari kuku yang kotor. Jelaskan bahwa kesehatan tubuh anak sangatlah penting untuk dijaga. Ketika anak memahami konsekuensinya, anak bisa lebih mudah diarahkan untuk menghentikan kebiasaannya menggigit kuku.

Bantu Anak Menemukan Cara Lain untuk Atasi Rasa Gelisahnya
Merasa stres atau tertekan merupakan salah satu penyebab kebiasaan anak menggigit kuku. Menggigit kuku dijadikan cara untuk menyalurkan rasa frustrasinya. Jika hal ini yang terjadi,maka orang tua perlu membantu anak menemuakn cara lain untuk mengatasi rasa gelisahnya.

Arahkan anak untuk melakukan hal lain dalam menyalurkan rasa kesalnya, misalnya dengan memeluk boneka atau meminta pelukan dari kita. Orangtua memang perlu bersabar dalam menghentikan kebiasaan anak menggigit kuku. Perlu proses yang kadang tidak mudah. Tapi demi kebaikan anak, orang tua memang perlu berperan aktif mengarahkan anak untuk meninggalkan kebiasaan buruk seperti kebiasaan menggigit kuku.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.