4 Cara Mudah Buat Masker Beras untuk Atasi Wajah Berjerawat

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Mudah Buat Masker Beras untuk Atasi Wajah Berjerawat
ilustrasi (fimela.com)

PortalMadura.Com – Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang tidak pernah ada habisnya. Siapa pun, baik perempuan atau laki-laki pasti ingin segera menghilangkan masalah kulit yang satu ini karena bisa merusak penampilan.

Perlu diketahui, bahwa jerawat disebabkan kombinasi dari produksi minyak berlebih dan penyumbatan pori-pori dengan keratin atau sel kulit mati. Munculnya jerawat sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena hormon, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai atau kurang menjaga kebersihan wajah.

Jerawat memang bukanlah penyakit kulit yang berbahaya, tetapi wajah yang berjerawat akan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat tersebut, bahkan saat ini ada berbagai macam perawatan atau pun produk yang mampu menghilangkan jerawat.

Namun, jika Anda khawatir akan menimbulkan efek samping yang berbahaya, Anda bisa menggunakan cara alami untuk mengatasi jerawat tersebut. Salah satunya dengan beras. Selain bisa dikonsumsi, bahan ini mudah didapatkan di tanah air karena termasuk makanan pokok warga Indonesia.

Apalagi beras putih kaya akan inositol dan allantoin. Menurut The Epoch Times, inositol merupakan senyawa vitamin B kompleks yang merangsang pertumbuhan sel dan memperlambat proses penuaan. Sementara allantoin adalah zat pelembap alami yang berfungsi untuk melembutkan kulit, mencegah iritasi dan menghilangkan bekas jerawat.

Selain itu, allantion dipercaya mampu membantu meredakan iritasi dengan regenerasi kulit. Kandungan allantion yang lembut membuat kulit yang berjerawat atau sensitif tidak semakin parah.

4 Cara Mudah Buat Masker Beras

Cara Mudah Buat Masker Berasrikut empat yang bisa Anda praktikan di rumah:

Tepung Beras

Anda hanya perlu menyiapakan beras secukupnya dan air untuk direndam. Untuk hasil terbaik, pilihlah beras yang organik, yaitu beras yang bebas bahan pemutih dan pengawet.

Cara membuat masker beras untuk jerawat, yaitu rendam beras secukupnya dalam suatu wadah, rendam selama setengah hari atau sekitar 12 jam. Kemudian, tiriskan hingga beras terpisah dari air. Selanjutnya, tumbuk beras dengan cara diblender atau ditumbuk sampai berbentuk tepung halus.

Setelah beras tersebut menjadi tepung halus, campurkan tepung halus itu dengan air secukupnya dalam suatu wadah. Oleskan masker beras menggunakan kuas masker.Diamkan selama kurang lebih setengah jam dan bilas bersih.

Beras dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya antioksidan, senyawa yang ada di minyak zaitun mengandung agen antiradang, antibakteri yang bersifat non-comedogenic. Semua karakteristik minyak zaitun tersebut membuatnya ampuh untuk mengatasi jerawat secara alami.

Cara membuat masker beras untuk jerawat, yaitu buat beras menjadi tepung beras, langkahnya sama dengan nomor satu di atas. Rendam beras secukupnya dalam suatu wadah. Kemudian, rendam selama setengah hari tiriskan dan tumbuk menjadi tepung halus.

Setelah itu, tuangkan tepung tersebut ke suatu wadah dan campurkan dengan minyak zaitun, aduk rata. Setelah dirasa sudah tercampur semua, oleskan masker beras menggunakan kuas masker. Diamkan selama kurang lebih setengah jam dan bilas bersih. Jangan lupa untuk mencuci muka atau membersihkan wajah terlebih dahulu.

Nah, kalau jerawat Anda sudah teratasi dan ingin menghilangkan bekas jerawat yang tertinggal, caranya siapkan air bekas mencuci beras, lalu Anda cukup mencuci wajah Anda dengan air bekas cucian beras tersebut setiap pagi.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Buat Masker Tepung Beras untuk Kecantikan

Beras dengan Madu

Madu adalah bahan anti-bakteri dan anti-inflamasi yang mampu melawan noda membandel di wajah. Sejak dahulu, madu memang dikenal memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Cara membuat masker beras untuk jerawat, yaitu rendam beras secukupnya dalam suatu wadah. Kemudian, rendam selama setengah hari tiriskan dan tumbuk menjadi tepung halus.

Setelah itu, tuangkan tepung tersebut ke suatu wadah dan campurkan dengan 2-3 sendok makan madu, aduk rata. Setelah dirasa tercampur semua, oleskan masker beras menggunakan kuas masker. Diamkan selama kurang lebih setengah jam dan bilas bersih.

Bilas secara perlahan-lahan, hindari membersihkan dengan cara digosok karena bisa membuat kulit iritasi.Setelah itu, keringkan menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuk handuk pada wajah. Lakukan minimal 1 minggu sekali supaya jerawat Anda perlahan menghilang.

Beras dengan Kunyit

Kunyit termasuk salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya memperkaya rasa masakan, kunyit juga dipercaya mampu membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan termasuk pada kulit. Salah satunya mengatasi jerawat agar tidak meradang.

Cara membuat masker beras untuk jerawat, yaitu rendam beras secukupnya dalam suatu wadah. Kemudian, rendam selama setengah hari tiriskan dan tumbuk menjadi tepung halus.

Setelah itu, tuangkan tepung tersebut ke suatu wadah dan tambahkan bubuk kunyit dan sesendok madu agar bahan-bahan tersebut dapat tercampur merata. Jika sudah tercampur rata, oleskan pada seluruh permukaan wajah dan tunggu hingga kering. Untuk hasil yang maksimal, masker ini sebaiknya digunakan di malam hari, tepat sebelum tidur dan dibersihkan keesokan harinya.

Dari keempat cara di atas, masker beras dapat Anda simpan dalam lemari es untuk dapat digunakan kembali lain waktu. Selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.