oleh

4 Cara Mudah Hemat Bahan Bakar Mobil

PortalMadura.Com – Tidak dapat dipungkiri, bahan bakar mobil memang selalu menjadi kebutuhan pokok bagi pengendara setiap harinya. Sayangnya, sering membeli bahan bakar tentu tidak akan bisa menghemat pengeluaran. Untuk itu, pengendara perlu menerapkan cara mengemudi yang baik dan benar.

Perlu Anda ketahui, ternyata cara mengemudi akan memengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar seperti bensin. Nah, di sini ada beberapa teknik dasar berkendara mobil supaya hemat bahan bakar. Dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (29/2/2020), dari laman okezone.com, Berikut ini empat caranya:

Kecepatan Berkendara Harus Stabil

Setiap pengendara, harus selalu memiliki kecepatan saat berkendara stabil. Minimal Anda bisa mempertahankan putaran mesin di bawah 2.000 RPM untuk mencapai konsumsi bahan bakar mobil lebih irit.

Setiap mesin memiliki konsumsi bahan bakar yang berbeda. Misalnya, mesin 1.0 L akan berbeda dengan mesin 3.0 L di kecepatan yang sama.

Baca Juga : Perhatikan 6 Hal Ini Agar Mobil Matik Hemat Bahan Bakar

Perhatikan Perpindahan Gigi

Perpindahan gigi juga perlu diperhatikan oleh pengemudi mobil. Jika Anda ingin mengganti perseneling mobil idealnya dilakukan sebelum mencapai 2.000-3.000 RPM.

Menjaga Kecepatan saat Menanjak dan Menurun

Ketika Anda berkendara menemui jalanan menanjak dan menurun, Anda harus menjaga kecepatan berkendara secara konstan dan stabil. Hal ini untuk menjaga kinerja mesin agar tidak bekerja terlalu keras saat tanjakan ataupun turunan.

Hindari Pengereman yang Tidak Perlu

Mengendarai mobil secara kasar tentu akan membuat boros bahan bakar. Maka dari itu, Anda perlu menghindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu. Kalaupun terjebak di tengah kemacetan, berkendaralah secara lembut. Injak pedal gas dan rem secara halus. Setelah itu, hindari menginjak pedal gas dan rem dengan cara terburu-buru.

Rewriter : Azizah
Sumber : okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar