4 Cara Pilih Helm yang Sesuai Standar Keselamatan

  • Bagikan
Helm
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu perlengkapan penting bagi pengendara dan penumpang sepeda motor yaitu helm. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan helm akan memperkecil peluang cedera saat terjadi kecelakaan di jalan raya.

Selain itu, faktor kenyamanan menggunakan helm juga menjadi hal penting. Agar tidak salah pilih, lakukan beberapa langkah memilih helm yang sesuai dengan kebutuhan. Penasaran?

Berikut ini penjelasannya:

Pastikan Punya Standar SNI
Pastikan helm yang Anda ingin beli memiliki label SNI. Label ini sendiri merupakan jaminan jika produk tersebut sudah melalui proses produksi yang baik, dengan fokus kepada kekuatan, kenyamanan, dan keselamatan. Intinya, kualitas produknya sudah masuk standar aman.

Bagaimana jika helmnya tidak punya label SNI? Jangan khawatir, Anda hanya perlu memastikan helm tersebut punya label DOT (Department Of Transportation) atau Snell (Snell Memorial Foundation), yang merupakan standar yang digunakan untuk pasar Amerika Serikat.

Pastikan Ukurannya Pas
Di pasaran ada beberapa jenis ukuran helm yang bisa dipilih, mulai dari S, M, L hingga XL. Nah, sesuaikan ukuran tersebut dengan kepala Anda.

Menggunakan helm yang terlalu kebesaran akan membuat perlindungannya kurang maksimal, dan bisa membuat Anda hilang konsentrasi. Sedangkan helm yang terlalu kecil, akan membuat Anda tidak merasa nyaman dan mudah pusing.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan
Sesuaikan helm Anda dengan kebutuhan berkendara. Jika Anda suka melakukan perjalanan jauh atau touring, sebaiknya pilih helm berjenis full face, sementara untuk Anda yang hanya berkendara di dalam kota, helm half face bisa jadi pilihan utama.

Namun, untuk yang memang benar-benar memenuhi standar keselamatan, baik berkendara dalam kota ataupun perjalanan jauh, gunakan helm berjenis full face.

Hal yang sama berlaku untuk Anda yang sering berkendara melewati jalur off road (helm trail), jalur semi-off road atau dual sport (helm dual-sport) dan lainnya.

Tali Pengikat (Strap)
Pastikan Anda memilih helm dengan tali pengikat atau strap yang kuat dan tidak mudah lepas tapi mudah dikuncikan. Selain itu, tali pengikat helm pun posisinya harus pas (tidak mencekik atau terlalu longgar), memiliki bahan yang lembut dan nyaman dengan bantalan dagu.

Selain itu, perhatikan juga fitur lainnya, seperti kaca helm atau visor yang harus disesuaikan dengan kebutuhan, kunci keamanan tambahan dan juga fitur lainnya. (liputan6.com/Desy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.