4 Cara Rawat Motor yang Lama Tak Dipakai

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Rawat Motor yang Lama Tak Dipakai
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Berbagai macam sebab, terkadang kendaraan sepeda motor, bisa tidak di pakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, jika itu terjadi Anda sebagai pemilik harus lebih hati-hati dalam memerhatikan kondisinya agar performa terbaik sepeda motor tetap terjaga.

Seperti yang katakan Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), bahwasannya, performa terbaik sepeda motor tidak hanya didapat dengan perawatan rutin di bengkel resmi sesuai jadwal yang ditentukan, tetapi juga perawatan yang dilakukan sendiri.

”Termasuk saat lama tak terpakai di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan pemilik. Karena kadang terdapat komponen atau bagian sepeda motor yang butuh diperhatikan saat diam dalam jangka waktu cukup lama, yang dikhawatirkan mempengaruhi kinerja” ucap Endro.

Terdapat beberapa cara dari AHM untuk menjaga kondisi sepeda motor saat diam dalam jangka yang waktu lama. Dilansir dari laman Okezone.com, Kamis (16/4/2020), berikut ulasannya:

Cuci Sepeda Motor

Jika Anda sudah ada rencana untuk tidak menggunakan kendaraannya dalam jngka waktu yang cukup lama, maka alangkah baiknya Anda untuk mencuci sepeda motor terlebih dahulu.

”Karena ada beberapa pengendara motor yang harus melewati daerah becek, berbau, kotor, dan berlumpur. Salah satu dari hal tersebut yang mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain, disinggahi binatang misalnya, atau berpotensi merusak komponen” ucap Endro.

Beri Pelumas

Beri pelumas bagian yang cenderung atau berpotensi menimbulkan karat. Misalnya, rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya. Nah, untuk tipe sepeda motor sebaiknya Anda memarkir dengan menggunakan standar tengah supaya mudah untuk Anda melakukan pemanasan mesin.

Baca Juga: Ingin Motor Anda Tak Cepat Karat pada Musim Hujan ? Begini Cara Rawatnya

Pemanasan Mesin

Biasakan lakukan pemanasan mesin secukupnya, kira-kira sampai suhu kerja mesin antara 80-100 derajat celcius, lakukan cara tersebut setiap hari agar hasil maksimal. Untuk mencapai suhu tersebut, panaskan kira-kira 3-4 menit.

”Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Disarankan tidak dilakukan di ruang tertutup” ujar Endro.

Cek Bagian Bawah

Untuk sepeda motor tipe matik, perhatikan bagian dalam cover plastik motor, terutama pada bagian bawah. Dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang atau rongga bisa menjadi tempat singgah binatang. Seperti, tikus dan ular, jangan lupa untuk melakukan pengecekan saat Anda memanasi mesin.

Jadi jika Anda melakukan hal yang di jelaskan di atas, sepeda motor yang lama tak terpakai diharapkan tetap memberikan kenyamanan dan performa optimal ketika akan digunakan kembali oleh Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.