Ingin Motor Anda Tak Cepat Karat pada Musim Hujan ? Begini Cara Rawatnya

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Motor Anda Tak Cepat Karat pada Musim Hujan Begini Cara Rawatnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Merawat kendaraan bermotor merupakan suatu hal yang wajib dilakukan agar tetap tampil prima saat digunakan terutama saat memasuki musim hujam.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar karat tidak menyerang kendaraan kesayangan Anda.

Dikutip dari liputan6.com, untuk mencegah komponen kendaraan bermotor Anda berkarat, salah satunya yakni harus segera dibersihkan setelah digunakan menembus hujan.

“Mudah sebenarnya untuk merawat motor agar tak karatan, yakni dengan melakukan pembersihan atau mencuci motor lalu dikeringkan dengan mengelap atau menyemprot angin. Tak lupa juga lakukan pelumasan komponen yang bergesekan atau bergerak,” kata Asisten Manajer Technical Training Daya Adicipta Motora (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat Ade Rohman.

Selain itu, disarankan juga untuk tetap menjaga bagian kelistrikan. Hal tersebut tentu berkaitan erat dengan performa mesin. Nah, caranya adalah dengan menghindari genangan air saat berkendara.

“Hindari genangan air serta banjir yang dapat merendam sebagian atau seluruh bagian mesin serta elektrik. Sedangkan untuk merawat motor, Anda sebaiknya rutin memeriksa tutup oli mesin agar terhindar dari kebocoran. Lalu periksa tutup busi dari kebocoran yang mengakibatkan konsleting, serta perhatikan kabel bodi dari pengelupasan atau kemasukan air,” jelasnya.

Baca Juga :Begini Cara Mudah Bikin Rantai Motor Tak Karatan

Kemudian periksalah selalu kondisi aki setelah menggunakannya di musim penghujan atau menerjang banjir.

“Saat hendak mengeringkan motor dengan dilap atau saat hendak di semprot angin kompresor, periksa juga aki khususnya pada motor matik,” pungkasnya.

Itulah cara mencegah kendaraan Anda berkarat pada saat musim penghujan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.