oleh

4 Cara Redakan Rasa Sakit di Leher

PortalMadura.Com – Leher merupakan salah satu anggota badan yang memiliki fungsi penting untuk menyangga kepala yang punya berat sekitar 5 persen dari total berat badan seseorang. Bahkan, kepala mereka dikendalikan dan disokong oleh keberadaan banyak otot yang lebih kecil di leher, melansir dari Merdeka.com, Senin (7/10/2019).

Sayangnya, banyak orang yang tidak memerhatikan otot leher mereka, kecuali saat mengalami masalah. Padahal, leher tersambung dengan tulang belakang yang memiliki peran penting serta terdapat banyak pembuluh darah dan saraf penting di dalamnya.

Adapun tugas leher adalah untuk menggerakkan dan menstabilkan kepala serta merupakan jalur yang menghubungkan tubuh dengan otak. Sehingga masalah yang terjadi pada leher ini sebenarnya sangat sering terjadi. Kendati demikian, masih tidak banyak orang yang merawat dan mengatasi otot leher mereka saat bermasalah secara tepat.

Nah, penyebab rasa sakit di leher ini bermacam-macam, seperti kebiasaan sehari-hari dalam menggunakan smartphone, laptop, bahkan ketika membaca buku bisa menyebabkan masalah dan melemahkan otot leher. Masalah sakit di leher yang tidak kunjung diatasi ini bisa berujung pada masalah seperti sakit kepala, sakit di dagu, dan bahkan sakit di pundak serta punggung. Maka dari itu, untuk mencegah munculnya masalah punggung lebih lanjut, Anda bisa melakukan berbagai hal yang bisa menguatkan otot leher.

Baca Juga: Sakit Leher Karena Salah Posisi Tidur? Ini Dia 2 Cara Mudah Atasinya

Berikut empat cara meredakan rasa sakit di leher, dikutip Merdeka.com dari Men’s Health:

Memperkuat Leher

Ketika leher Anda terasa sakit, coba tekuk dagu dekat dengan leher untuk memperkuat otot leher. Lakukan hal ini dengan mulai berbaring lalu dekatkan dagu dengan leher. Hal ini bisa memunculkan rasa tarikan di tengkorak dan aktifnya otot pada bagian depan leher.

Anda bisa melakukan latihan ini selama 5 hingga 10 detik dan ulangi selama 8 hingga 10 kali setiap hari. Gerakan lain yang bisa Anda lakukan adalah mengangkat kepala setinggi-tingginya dalam posisi tubuh yang sama selama 10 detik setiap percobaan.

Peregangan

Terdapat sejumlah otot pada leher yang rentan mengalami masalah kesehatan. Anda bisa melakukan peregangan sambil berdiri atau duduk untuk menghindari masalah ini.

Anda bisa melakukan peregangan dengan memiringkan leher dan mendekatkan telinga pada pundak. Selanjutnya, beri tekanan pada bagian leher menggunakan tangan. Lakukan peregangan ini selama 30 detik lalu putar pada bagian sebaliknya.

Pijat

Anda juga bisa melakukan pemijatan bila merasa terdapat ganjalan atau rasa sakit pada salah satu bagian leher. Caranya, Anda bisa secara langsung memberi pijatan pada bagian yang mengalami masalah ini selama 10 detik. Lalu, lepaskan agar tekanan darah menjadi lancar di bagian tersebut.

Lakukan Postur yang Tepat

Untuk menjaga kesehatan otot leher, saat duduk atau berdiri hindari postur atau posisi yang membuat kepala menunduk atau membungkuk. Selain itu, usahakan posisi leher Anda setinggi mungkin untuk melatihnya.

Empat cara di atas bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah leher. Cara tersebut juga bisa membantu untuk melatih otot leher agar terhindar dari masalah yang mungkin muncul pada kemudian hari.

Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar