Sakit Leher Karena Salah Posisi Tidur? Ini Dia 2 Cara Mudah Atasinya

Avatar of PortalMadura.com
Sakit Leher Karena Salah Posisi Tidur Ini Dia 2 Cara Mudah Atasinya
Ilustrasi (Semangat Kito)

PortalMadura.Com – Apakah Anda pernah terbangun dengan rasa nyeri di bagian leher?. Perlu Anda ketahui, rasa sakit ini bisa dipicu karena . Biasanya, Anda akan sulit tidur nyenyak dan menoleh pun juga susah.

Saat nyeri di bagian leher sebaiknya Anda jangan tidur tengkurap dalam beberapa waktu. Sebagaimana yang disampaikan oleh seorang ahli chiropractic dari Cleveland Clinic‘s Center for Integrative Medicine, Andrew Bang, D.C., mengungkapkan, bahwa tidur tengkurap membuat kepala terpelintir ke satu arah selama berjam-jam.

Bukan akan membuat tidur lebih nyenyak, posisi tidur ini justru bisa bikin leher jadi semakin nyeri. Selain itu, tidur tengkurap juga membuat berat badan berpusat pada bagian tengah tubuh alias tulang belakang.

Baca Juga : Lakukan 4 Trik Ampuh Ini Untuk Redakan Nyeri Leher

Akibatnya, tekanan pada bagian tengah tubuh jadi tidak seimbang dan memicu nyeri tulang belakang. Bukan cuma leher sakit, punggung Anda pun ikut terasa sakit saat bangun tidur.

Untuk menghindari akibat salah posisi tidur, berikut ini beberapa posisi tidur aman dan nyaman yang bisa Anda coba:

Tidur Miring
Saat leher mulai terasa nyeri, cobalah tidur dengan posisi miring alias menyamping. Tidur miring dapat membantu menopang tulang leher dan tulang belakang Anda selama tidur.

Dengan begitu, rasa nyeri dan kaku di leher akan berkurang. Supaya hasilnya lebih maksimal dan Anda terbangun dengan perasaan segar, pastikan tulang belakang Anda tetap lurus.

Caranya adalah hindari menggunakan bantal yang terlalu tinggi atau kaku. Ini karena bantal tinggi bisa membuat leher tertekuk semalaman, sehingga memicu leher sakit dan kaku di pagi hari. Sebagai solusinya, gunakan bantal yang tidak terlalu tinggi untuk kepala. Letakkan juga bantal tambahan di bawah leher untuk membantu menopang leher saat tidur.

Tidur Telentang
Selain tidur miring, Anda juga dianjurkan untuk tidur telentang saat leher sedang nyeri. Tidur telentang akan menjaga tulang leher dan punggung tetap lurus dan menurunkan risiko cedera.

Lagi-lagi, gunakan bantal yang lebih lembut dan bisa melengkung mengikuti lekuk alami leher sewaktu tidur. Jika bantal Anda dirasa terlalu tinggi, segera ganti dengan bantal yang lebih rendah dan rata untuk menopang kepala.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.