4 Cara Ringan Bikin Tubuh Kembali Segar Usai Begadang Nonton Piala Dunia 2018

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Ringan Bikin Tubuh Kembali Segar Usai Begadang Nonton Piala Dunia 2018
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi pecinta bola, pagelaran tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja. Maklum, pertandingan sepak bola terbesar ini hanya muncul setiap empat tahun sekali.

Sayangnya, beberapa orang sudah mulai kembali masuk kerja setelah sebelumnya mendapatkan libur panjang saat lebaran. Lantas, bagaimana caranya agar tetap segar kembali keesokan paginya?. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa hal mudah yang bisa membuat Anda segar kembali usai menyaksikan jagoan Anda berlaga.

Berikut ini empat cara ringan kembali segar usai begadang :

‘Tabung' Jam Tidur pada Sebelumnya
Ketika Anda begadang, sebenarnya tubuh Anda pun sedang melawan program. Tubuh manusia yang alaminya terlelap di malam hari dan lebih waspada di siang hari. Perlu diketahui, begadang ini membuat tubuh Anda memiliki hutang pada tubuh karena jadwal tidur yang menjadi terpangkas. Karena itu, curi waktu dengan ‘menabung' tidur siang atau tidur lebih awal.

“Untuk mempersiapkan waktu malam (begadang), tidurlah selama sembilan jam setiap malam selama seminggu dan tabung sejumlah waktu tidur,” saran peneliti tidur dari Henry Ford Sleep Disorders Center, Christopher Drake, PhD.

Minum Air Putih
Jangan lupa untuk menjaga asupan cairan tubuh Anda agar selalu terhidrasi. Tidak hanya dari air putih, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya air, misalnya sayur atau buah semangka, melon, pir, atau apel.

“Salah satu cara mudah untuk mengukur kadar hidrasi adalah dari warna urine,” kata direktur Wellness & Prevention di Baptist Health South Florida, Dr Arthur Agatston.

Semakin gelap warna urine maka semakin mungkin Anda mengalami dehidrasi. Cara ini disebut lebih efektif dibandingkan mengukurnya dari rasa haus.

Olahraga Ringan
Olahraga meningkatkan sirkulasi darah yang optimal, dan sirkulasi darah yang optimal akan meningkatkan fokus seseorang. Menurut peneliti di Florida Sleep Institute, Dr William Kohler mengungkapkan, melakukan putaran di sekitar gedung juga akan meningkatkan kewaspadaan dengan melepaskan adrenalin.

Anda tidak perlu olahraga yang berat-berat, sebuah penelitian dari California State University menemukan, bahwa jalan kaki saja sudah bisa membantu seseorang jadi lebih bersemangat.

Boleh Minum Kopi, Asal…
Rasa kantuk usai begadang bisa dibantu dengan meminum secangkir kopi, tapi ingat jangan lebih dari itu. Minum terlalu banyak kopi tidak hanya menyebabkan dehidrasi tapi juga sakit kepala, kegelisahan, dan ketidaknyamanan lainnya.

“Beberapa penelitian menemukan bahwa dua atau lebih cangkir kopi sehari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang dengan mutasi genetik spesifik – dan cukup umum – yang memperlambat pemecahan kafein dalam tubuh,” tulis Dr Donald Hensrud dari Mayo Clinic. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.