oleh

4 Fakta Masjid Tiban Malang yang Jarang Diketahui

PortalMadura.Com – Bangunan masjid berornamen Timur Tengah dengan warna dominan biru dan putih ini memang berada di tengah-tengah pemukiman yang padat. Jarak dari jalan raya menuju lokasi, sekitar satu kilometer. Namun karena bentuk bangunannya menjulang tinggi, orang bisa langsung melihatnya dari jalan raya.

Masjid Tiban Malang ini kerap dikunjungi masyarakat untuk melakukan ibadah dan juga untuk melakukan kegiatan edukasi. Masjid yang berlokasi di Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur ini menurut isu yang beredar di masyarakat, bangunan ini dibangun dalam satu malam dengan bantuan jin. Apa benar? Dilansir dari travel.detik.Com, Kamis (22/4/2021) Berikut 4 fakta tentang masjid Tiban yang jarang diketahui:

Dibangun oleh Para Santri

Beredarnya kabar bahwa masjid ini dibangun oleh jin, ternyata hanya isu belaka saja. Menurut pengakuan warga sekitar, jin yang dimaksud adalah para santri dari pondok pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang lokasinya berada satu kawasan dengan Masjid Tiban Turen.

Memiliki Bangunan yang Sangat Megah

Konsep bangunan masjid ini memang terbilang campur aduk, ada ornamen khas Turki, India, Russia hingga Mesir. Namun jika diperhatikan lebih serius ternyata bangunan ini memiliki nilai seni yang sangat kuat dan kaya akan makna. Pada masjid ini terdapat menara tinggi yang sangat besar dan menambah kemegahan Masjid Tiban ini.

Terdapat 10 Lantai

Masjid Tiban ini termasuk pada masjid yang termegah di Kecamatan Turen, Malang. Terdapat 10 lantai yang sangat megah yang terdiri dari lantai 1 merupakan tempat istirahat dan musala, lantai 2 berisi loket, ruang istirahat, ruang makan, dan dapur, lantai 3 berisi musala, akuarium, dan kebun binatang mini. Sedangkan lantai 4 merupakan lantai untuk keluarga pengasuh pondok, lantai 5 terdapat musala, lantai 6 merupakan ruangan istirahat untuk santri, lantai 7 dan 8 berisi toko dan kios-kios milik pesantren yang dikelola oleh para santri, lantai 9 merupakan bangunan yang didesain sebagai lereng gunung, dan lantai 10 adalah gua dan juga ialah puncak gunung.

Wisata Religi Favorit di Jawa Timur

Masjid yang kaya akan sejarah dan keunikan ini ternyata tidak hanya ramai pengunjung untuk beribadah. Banyak masyarakat yang datang juga untuk berwisata.

Itulah 4 fakta dari masjid Tiban Malang yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : travel.detik.Com

Komentar