Berapa Pengeluaran Harian Anda Selama Bulan Puasa? Yuk Hitung

Avatar of PortalMadura.com
Berapa-Pengeluaran-Harian-Anda-Selama-Bulan-Puasa-Yuk-Hitung
Ilustrasi (pixabay.com)

PortalMadura.Com – Bagaimana puasa Anda hari ini?. Tetap lancar atau terkendala pengeluaran yang semakin mencekik?. Daripada hari biasanya, seharusnya Anda bisa jauh lebih hemat. Secara, Anda hanya makan dua kali sehari yaitu saat sahur dan juga buka puasa.

Belum lagi akibat pandemi covid-19, yang membatasi pergerakan setiap orang, sehingga bakal seharian di rumah saja bukan?. Tapi kebanyakan orang masih mengeluh soal pengeluaran yang justru lebih banyak dari sebelum Ramadan.

Nah, sebenarnya di mana letak pengeluaran Anda yang berlebihan?. Untuk mengetahuinya secara jelas, yuk cek bersama berapa Anda selama bulan puasa ini, sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, dari laman Idntime.com berikut ini:

Makan Sahur

Kalau Anda anak kos atau tinggal sendiri, idealnya Anda mengeluarkan uang sekitar Rp15 ribu sampai Rp20 ribu untuk makan sahur. Tidak perlu banyak-banyak, yang penting memenuhi kebutuhan asupan gizi Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengombinasikan pilihan seperti menu olahan dari telur, daging ayam, sayur dan kacang-kacangan. Sebagai pembanding, jika Anda mengibaratkan dengan sarapan, makan sahur ini punya pengeluaran yang sama dengan sarapan.

Buka Puasa

Biasanya mata Anda akan langsung merespons begitu lihat makanan yang enak. Saat puasa, rasanya makanan apa saja akan muat dalam perut begitu berbuka. Padahal tidak selalu seperti itu. Tubuh Anda tidak perlu terlalu banyak asupan.

Anda bisa membeli buah untuk menu berbuka puasa. Tiga buah kurma atau sebuah pisang untuk pengganti gula dan menambah tenaga sebetulnya bisa menjadi takjil yang cukup. Untuk minuman, sebenarnya cukup dengan air mineral atau teh hangat. Anda bisa asumsikan untuk buka puasa Rp10 ribu.

Dengan kata lain, Anda bisa ibaratkan buka puasa ini dengan makan siang. Untuk makan siang Anda butuh asupan yang lebih tinggi, Anda asumsikan Rp25 ribu-Rp30 ribu. Jadi Anda akan jauh lebih hemat pada bulan puasa ini.

Makan Malam

Karena waktu makan malam berdekatan dengan buka puasa, Anda bisa mengatur waktunya, baik langsung maupun menunggu hingga selesai salat Isya dan Tarawih. Anda bisa asumsikan layaknya makan malam normal di luar bulan puasa senilai Rp20 ribu-Rp25 ribu.

Akomodasi

Jika biasanya sekolah atau bekerja butuh ongkos untuk transportasi, selama masa pandemi ini kebanyakan Anda tetap berada di rumah dan melakukan segala sesuatu via online. Anda asumsikan pengeluaran untuk kuota internet meningkat dari biasanya karena banyak tanggung jawab yang harus dilakukan melalui kelas atau rapat online.

Bila diasumsikan biaya kuota internet hingga sebesar Rp300 ribu per buan. Berarti alokasi harian untuk internet ialah Rp10 ribu per hari. Lebih mahal mana dibandingkan ongkos transportasi Anda?.

Kesimpulan

Dengan tidak adanya makan siang seharusnya Anda dapat menghemat pengeluaran Anda sebesar Rp15 ribu hingga Rp20 ribu setiap harinya. Apalagi kalau biaya transportasi Anda sebelum WFH lebih mahal ketimbang kuota internet tambahan sekarang.

Nah, mumpung bulan puasa Anda bisa menyisihkan Rp5 ribu untuk amal. Itu pun Anda bisa berhemat Rp10 ribu-Rp15 ribu. Jadi dalam sebulan Anda bisa menyisihkan Rp300 ribu-Rp450 ribu.

Lumayan untuk menambah kantong Anda sedikit berisi. Sekalian berjaga-jaga kalau THR tahun ini “nyangkut” atau ditunda oleh perusahaan dalam kondisi yang sulit ini.

Bagaimana, sudah bisa memprediksi berapa banyak pengeluaran Anda selama bulan puasa ini?. Yuk, coba sekarang!.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.