oleh

4 Faktor yang Pengaruhi Volume Penjualan, Ketahui Agar Bisnis Tambah Laris

PortalMadura.Com – Pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam sebuah bisnis. Saat brand usahanya itu sudah dikenal banyak orang, otomatis penjualan pun akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Nah, saat penjualan semakin meningkat, maka pelaku usaha harus bisa menjaga volume penjualan dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu mengenali beberapa faktor yang mempengaruhi volume penjualan tersebut agar mengetahui apa saja yang menjadi sumber naik turunnya penjualan.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Lantas, bagaimana caranya?. Berikut ulasannya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (13/8/2021) dari laman Idntimes.com:

Harga

Harga menjadi salah satu hal penting dalam berbisnis. Tidak hanya untuk menjelaskan sepadan apa produk tersebut sehingga bisa dihargai dengan nominal tertentu, tetapi juga menjadi salah satu variabel yang penting dalam proses pemasarannya.

Dari sisi pemasaran, harga tersebut secara tidak langsung dapat menjadi penilaian bagi produk yang ditawarkan. Konsumen biasanya menilai apakah harga yang dipasang sepadan dengan produk yang ditawarkan. Maka dari itu, harga dapat menjadi faktor yang cukup berpengaruh terhadap volume penjualan.

Adapun pengertian harga adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk memperoleh berbagai kombinasi sebuah produk dan pelayanan yang menyertainya.

Strategi Pemasaran

Faktor kedua ini perannya juga cukup besar bagi volume penjualan. Jika strategi pemasaran yang digunakan efektif dan cocok untuk target pasar, makan volume penjualan akan naik. Namun, jika pemasaran yang dilakukan tidak menggunakan strategi yang terukur, maka volume penjualan akan stagnan.

Hal itu terjadi karena, inti dari strategi pemasaran adalah membangun komunikasi dengan konsumen yang sesuai dengan target pasar untuk meyakinkan tentang produk atau jasa yang dijual. Jadi, gunakanlah strategi pemasaran yang tepat.

Distribusi

Yang dimaksud dengan distribusi disini adalah sebuah jalur yang dilalui oleh arus barang-barang dari produsen ke perantara dan akhirnya sampai kepada pemakai atau struktur inti organisasi dalam perusahaan dan luar perusahaan terdiri atas: agen, dealer, pedagang besar dan pengecer.

Sederhananya, hal ini bisa diterapkan apabila usaha Anda memiliki stok lancar dengan permintaan penjualan yang tinggi. Jadi, Anda dapat menyalurkan produk kepada agen, dealer atau reseller. Jadi, distribusi ini digunakan dalam rangka mencapai volume penjualan yang ditargetkan dari suatu usaha tersebut.

Pelayanan

Pelayanan yang memuaskan akan menyenangkan hati konsumen. Hal ini dikarenakan pelayanan dapat menjadi sebuah kunci sukses suatu perusahaan untuk mengikat pelanggannya agar merasa betah dan percaya untuk memakai produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Sejatinya, pelayanan yang baik adalah pelayanan yang dapat membantu konsumen untuk mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya dari suatu produk yang ditawarkan dengan perilaku yang baik.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar