oleh

6 Fakta Menarik Gunung Gede Pangrango Jawa Barat

PortalMadura.Com – Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung yang sering dikunjungi para pendaki. Gunung yang berada diantara tiga kabupaten yakni Bogor, Cianjur dan Sukabumi ini juga menjadi skawasan yang dilindungi di Jawa Barat.

Terdapat beberapa tempat favorit pendaki saat mendaki ke gunung Gede Pangrango yaitu alun-alun Surya Kencana. Selain itu, ada juga fakta menarik dari gunung ini. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman suara.com. Berikut penjelasannya:

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Lokasi Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang merupakan salah satu dari lima taman nasional pertama di Indonesia dan dibuka sejak tahun 1980. UNESCO menetapkan Gunung Gede Pangrango sebagai Cagar Biosfer pada tahun 1977. Gunung ini terletak di antara tiga kabupaten yakni Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi.

Pendakian Pertama di Gunung Gede Pangrango

Orang pertama yang berhasil mencapai puncak Gunung Gede Pangrango ialah seorang kewarganegaraan Jerman C.G.C Reinwardt pada April 1819. Diketahui Reinwardt merupakan pendiri Kebun Raya Bogor.

Spot Terbaik Menikmati Edelweiss

Spot terbaik untuk menikmati edelweiss di Gunung Gede Pangrango yaitu Alun-alun Surya Kencana. Selain itu, lokasi ini juga biasanya dijadikan tempat camping oleh para pendaki.

Lembah Mandalawangi

Selain spot bunga edelweiss yang indah, Anda juga bisa mengunjungi Lembah Mandalawangi. Lokasi ini merupakan tempat tokoh pemuda Soe Hok Gie kerap menghabiskan waktu. Di tempat inilah ia menciptakan puisi berjudul ‘Mandalawangi-Pangrongo’.

Memiliki Ketinggian Berbeda

Meskipun namanya Gunung Gede Pangrango, tapi sebenarnya Gunung Gede dan Gunung Pangrango adalah dua gunung yang berbeda. Gunung Gede memiliki ketinggian 2.958 mdpl sedangkan Gunung Pangrango 3.019 mdpl. Kedua puncak ini terhubung dengan punggung gunung yang berketinggian 2.400 mdpl atau yang disebut Kandang Badak.

Aneka Ragam Fauna di Gunung Gede Pangrango

Di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini terdapat berbagai fauna langka. Mulai dari Owa Jawa, Lutung Surili, Ajag, Macan Tutul, Biul Slentek Melogale orientalis, sejenis celurut gunung Crocidura orientalis, kelelawar Glischropus javanus dan Otomops formosus, sejenis bajing terbang Hylopetes bartelsi, dua jenis tikus Kadarsanomys sodyi dan Pithecheir Melanurus.

Demikian beberapa fakta Gunung Gede Pangrango yang perlu kalian ketahui. Selain mendaki ke sana, kalian juga perlu mengetahui fakta lainnya agar tumbuh rasa menjaga lingkungan Gunung Gede Pangrango.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar