4 Hal Pertama yang Harus Anda Bayarkan Saat THR Cair

Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Idntimes.com
4-Hal-Pertama-yang-Harus-Anda-Bayarkan-Saat-THR-Cair
Ilustrasi (suara.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Beberapa hari lagi sudah hari raya Idul Fitri, biasanya para pekerja akan menerima tunjangan hari raya (THR). Apalagi, bagi yang sudah setahun bekerja atau lebih, tentu ada harapan mendapat besaran satu kali gaji, menyenangkan bukan?.

Tapi jangan senang dulu, uang THR yang Anda dapatkan itu jangan sampai digunakan untuk foya-foya. Sebab, ada empat hal yang harus Anda bayarkan terlebih dulu dari THR Anda. Apa saja?. Yuk simak penjelasan berikut sebelum uang Anda habis kecolongan, sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (18/4/2022) dari laman Idntimes.com:

Cicil dan Lunasi Utang Anda Dulu

Kalau Anda punya utang atau cicilan, lebih baik Anda mengutamakan membayar ini dulu dengan THR Anda. Karena semakin Anda menunda bayar utang, terlebih utang dengan bunga, maka Anda akan semakin berat membayarnya kelak. Gunakan THR sebijak mungkin biar keuangan Anda ke depan lancar.

Zakat Fitrah dan Zakat Penghasilan

Sebagai umat Islam, wajib hukumnya membayar zakat, terlebih zakat fitrah yang hanya dikeluarkan pada saat bulan puasa. Jumlahnya tidak besar, hanya setara 3,5 liter beras atau Rp 40 ribu.

Baca Juga:  Ingat! Masalah Ini Kerap Dialami Pemula Ketika Jualan Online

Tapi untuk zakat penghasilan ada hitungannya lagi. Anda bisa menggunakan kalkulator zakat yang ada di Rumah Zakat atau Badan Amil Zakat Nasional.

Anda cukup memasukkan angkanya saja seperti penghasilan yang Anda terima, bonus hingga pengeluaran Anda dalam sebulan. Maka nanti akan keluar apakah Anda sudah layak membayar zakat atau belum termasuk jumlah yang harus dibayarkan.

Sisihkan Dulu Buat Dana Darurat

Ya, penting sekali buat tabungan dan investasi. Idealnya, Anda harus punya 6 kali gaji untuk dana darurat yang tidak boleh Anda sentuh sama sekali. Tapi bukan berarti THR langsung dialokasikan semuanya buat dana darurat tersebut. Anda bisa sisihkan berapa persen dari THR dan gaji bulanan Anda.

Tabungan dan Investasi

Selanjutnya adalah tabungan dan investasi. Ini adalah pos terakhir yang akan Anda penuhi setelah Anda memastikan sudah tidak ada agenda besar yang menjadi prioritas utama alokasi uang Anda.

Baca Juga:  Sumenep Hadapi Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten Kreatif Kemenparekraf

Misal Anda punya impian membeli rumah, mau lanjut sekolah, atau menikah. Maka setelah ketiga kewajiban di atas Anda lakukan, baru deh sisihkan THR Anda buat tabungan dan investasi. Tentukan satu atau dua hal yang jadi prioritas Anda sehingga Anda perlu menabung, sisanya investasikan!

Kalau Anda sudah memenuhi keempat alokasi tersebut, baru Anda bisa self reward atau bagi-bagi angpao atau salam tempel buat Lebaran nanti. Selamat mengatur alokasi THR ya!


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.