oleh

4 Hal yang Jadi Penyebab Timbunan Lemak di Perut

PortalMadura.Com – Berat badan ideal menjadi keinginan semua orang tidak terkecuali pria atau wanita. Namun masih banyak orang yang mengabaikan beberapa hal yang menjadikan tubuh ideal. Salah satunya yaitu menimbun lemak sehingga terlihat gemuk.

Menimbun lemak di perut ternyata bisa menimbulkan masalah kesehatan. Pada dasarnya, terdapat dua jenis lemak yang tersimpan di dalam perut. Terdapat lemak yang cukup lunak dan bisa Anda rasakan langsung di kulit serta ada juga lemak yang cukup keras dan berada di bagian dalam organ tubuh.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Minggu (15/12/2019) dari laman merdeka.com yang dikutip dari Livestrong. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan timbunan lemak di perut:

Pola Makan Buruk dan Kurang Gerak

Kebiasaan kurang gerak serta pola makan buruk yang Anda miliki bisa menjadi penyebab utama obesitas dan bertambahnya berat badan. Ketika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori dibanding yang dibakar, maka ada kemungkinan lemak bakal menimbun di perut Anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 pada American Journal of Medicine mengungkap bahwa kurang gerak bisa sebabkan berat badan meningkat. Hal ini terjadi baik pada pria maupun wanita.

Jenis Kelamin, Usia, dan Genetik

Tiga faktor berupa jenis kelamin, usia, serta genetik memainkan peran dalam bertambahnya lemak di perut. Ketika Anda menua, massa otot bakal menurun secara alami terutama ketika Anda kurang gerak.

Menurunnya kondisi otot berarti bahwa Anda tidak membakar kalori cukup banyak. Hal ini membuat Anda kesulitan untuk menjaga berat badan sehat dan mengenyahkan lemak mengganggu dari perut.

Pada wanita usia tua, meningkatnya lemak perut ini bakal tampak lebih jelas. Menopause dan menurunnya produksi estrogen bisa mempengaruhi distribusi lemak ke seluruh tubuh.

Penelitian terbaru juga menyebut bahwa genetik memainkan peranan terhadap timbunan lemak di perut ini. Hal ini biasanya lebih rentan dan memiliki dampak lebih besar pada wanita.

Baca Juga: 2 Pola Makan yang Ampuh Hilangkan Lemak Perut

Kurang Tidur

Kurangnya tidur disebut oleh National Sleep Foundation sebagai salah satu hal yang menyebabkan bertumpuknya lemak perut. Penelitian mengungkap bahwa seseorang yang tidur kurang dari lima jam pada malam hari bisa mengalami peningkatan lingkar perut dibanding mereka yang tidur lebih dari enam jam.

Kurangnya tidur ini juga disebut berhubungan dengan meningkatnya jumlah makanan, menurunnya energi, serta perubahan tingkat hormon yang mengatur selera makan. Penggunaan gawai dan layar juga disebut berdampak terhadap hal ini.

Stres

Tekanan hidup yang muncul juga bisa membuat Anda lebih rentan mengalami penumpukan lemak di perut. Penelitian menunjukkan hubungan yang erat antara meningkatnya hormon kortisol dengan menumpuknya lemak di dalam perut.

Ketika Anda menyadari bahwa perut Anda semakin besar, perhatikan apakah Anda mengalami sejumlah hal di atas. Jika iya, sebaiknya segera selesaikan masalah Anda serta ubah gaya hidup untuk dampak yang lebih sehat.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar