3 Langkah Perawatan Khusus untuk Rambut Berwarna

Avatar of PortalMadura.com
3 Langkah Perawatan Khusus Pemilik Rambut Berwarna
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Perawatan rambut yang berwarna berbeda dengan merawat rambut pada umumnya. Perlu adanya komitmen sehingga rambut tetap sehat dan terjaga warnanya.

Sebab, saat Anda memutuskan untuk memiliki rambut yang berwarna maka Anda tentunya menginginkan warna tersebut bertahan lama bukan?. Nah, salah satu caranya yaitu membutuhkan sampo khusus rambut tersebut.

Kenapa perlu perawatan khusus?. Rambut merupakan investasi penampilan dan kepercayaan diri Anda. Ketika Anda melakukan perawatan yang tidak pas justru bisa membuat rambut jadi memudar.

Itulah mengapa Anda perlu mengaplikasikan sampo dan perawatan khusus untuk . Tapi, pertanyaannya, apakah Anda sudah menggunakan sampo yang tepat?. Karena tidak semua sampo sama.

Solusinya, gunakanlah sampo khusus yang diklaim aman untuk rambut berwarna dan tidak mengandung sulfat. Pasalnya, penggunaan sampo sulfat dapat membuat rambut tampak kusam dan bisa memudarkan warna.

Selain itu, pilih sampo yang diformulasikan secara khusus untuk membuat berwarna Anda tetap terlihat segar. Secara mudah Anda bisa mendapatkan produk sampo khusus untuk rambut berwarna di supermarket.

Tidak terlepas dari poin di atas, pilih juga sampo dan kondisioner yang diformulasikan untuk melindungi rambut berwarna. Biasanya produk tersebut mampu melapisi kutikula rambut dan membuat warna bertahan lama.

Sesudahnya, Anda bisa keramas menggunakan sampo khusus untuk rambut berwarna, setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Sesekali Anda bisa menyelingi dengan menggunakan kondisioner tanpa menggunakan sampo.

Jika biasanya menggunakan air hangat, kini bilaslah dengan air suam-suam kuku. Karena air hangat juga dapat memudarkan warna rambut dan merusak lapisan luar helai rambut, yang mana sudah terekspos pada saat pewarnaan.

Tidak cuma penggunaan sampo dan kondisioner, rambut berwarna butuh perhatian khusus lainnya. Karena rambut berwarna membutuhkan kelembapan ekstra dan juga perawatan agar warnanya tetap terjaga.

Lantas, bagaimana cara merawatnya?. Berikut tips perawatan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan rambut berwarna seperti dilansir PortalMadura.Com, Minggu (15/12/2019) dari laman Hellosehat.com:

Masker Rambut

Meskipun sudah menggunakan sampo khusus untuk rambut berwarna, Anda bisa menggunakan masker rambut berbahan alpukat sebagai perawatannya. Misalnya, dengan mencampurkan alpukat, minyak almond, dan minyak vitamin E.

Anda bisa mengaplikasikannya secara rata pada rambut yang basah. Tunggu 10 menit, lalu bilas seperti biasa. Alternatif simpel lainnya juga dapat ditempuh seperti Anda juga bisa menerapkan serum atau kondisioner.

Pakai Topi

Bagi Anda yang memiliki rambut berwarna, penting untuk melindungi rambut dari panas, termasuk sinar matahari. Karena, paparan sinar matahari dapat memudarkan warna rambut Anda. Caranya, Anda bisa memakai topi.

Baca Juga : 4 Hal Ini Sebaiknya Anda Hindari Saat Rambut Diwarnai

Hal ini dapat mencegah pembentukan radikal bebas yang membahayakan kesehatan molekul rambut. Oleh karena itu, bawalah topi ke manapun Anda pergi untuk memproteksi warna rambut Anda dari sinar matahari.

Hindari Klorin

Selain menggunakan , Anda perlu memperhatikan aktivitas tertentu. Misalnya, sebisa mungkin menghindari klorin. Di manakah klorin itu bisa ditemui?. Lokasinya yaitu di kolam renang.

Bagi Anda yang hobi berenang, ketahuilah bahwa klorin dapat memudarkan rambut berwarna Anda. Nah, untuk menyiasatinya, Anda masih bisa berenang dengan menggunakan hair cap. Namun, pastikan seluruh rambut masuk ke dalam hair cap dan jangan sampai ada ruang yang memudahkan air masuk ke dalamnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.